magista scarpe da calcio Optimalkan Peran, Bakorwil Gandeng FIA UB


Optimalkan Peran, Bakorwil Gandeng FIA UB


MALANG – Menegaskan peran Bakorwil dalam percepatan pembangunan, Badan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (BPPM) FIA UB bekerja sama dengan Baperwil Kota Malang mengadakan workshop bertajuk ‘Reformasi Peran dan Fungsi Badan Koordinasi Wilayah dalam Rangka Percepatan Pembangunan Daerah’ .
Kepala Baperwil Malang Drs. Suprayitno, M.Si mengatakan sejauh ini pembangunan daerah berjalan dengan cepat. Salah satu yang sedang digarap diantaranya pembangunan tol Pandaan yang akan sampai di Malang, dan pembangunan Jalur Lintas Selatan yang diharapkan dapat meningkatkan percepatan ekonomi dan potensi wisata di daerah-daerah.
“Tak hanya memonitoring pembangunan sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah Provinsi, Bakorwil juga mengkaji dana alokasi khusus. Hal inilah yang dibahas lebih lanjut dalam agenda ini,” ujar Suprayitno.
Kegiatan ini juga sebagai bentuk evaluasi agar Bakorwil menjalankan tugas koordinasi secara maksimal serta meningkatkan kapasitasnya.
Ketua BPPM FIA UB Dr Mohammad Nuh MSi, mengatakan, sejauh ini antara pihaknya dengan Baperwil Malang telah mengembangkan kerjasama tidak hanya pada riset empiris, namun juga telaah akademik.
“Baik secara individu maupun kelompok, dosen-dosen terlibat dalam grup riset yang concern memberikan penekanan pada bidang-bidang yang kemudian berkontribus dalam pembangunan daerah utamanya ekonomi daerah,” ujarnya.
BPPM, lanjutnya, mendorong agar penelitian yang berjalan di FIA berkaitan dengan pengembangan kapasitas Pemerintah Daerah baik di sektor publik dan bisnis, agar terjadi kesinambungan antara dunia akademik dan empiris.
“Sejauh ini di BPPM giat melakukan advokasi secara individu atau kelompok, sebagai payung atau bendera untuk bekerja sama dengan Pemerintah Daerah. Pendampingan baik dalam rangka membangun model atau memperbaiki mekanisme, kita kerjakan dengan Pemerintah daerah,” sambungnya.
Dengan workshop, diharapkan ada perbaikan Peraturan Daerah yang mengatur tentang posisi Bakorwil dalam Perda No. 16 tahun 2016 dimana perlunya penekanan dalam eksistensi Bakorwil.
“Juga diharapkan ada masukan mengenai mekanisme agar Bakorwil menjalankan fungsi dan peran yang tepat dalam membantu Pemprov agar penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di daerah semakin cepat terlaksana,” imbuhnya. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :