Prestasi Nasional Berkat Komitmen Lingkungan



MALANG - MENGABDI selama 18 tahun sebagai kepala sekolah untuk sekolah dasar (SD) membuat Nanik Sulistyowati S.Pd harus termotivasi untuk membawa kemajuan pada sekolah yang ia pimpin. Dua sekolah yang dipimpinnya berhasil lolos ke Adiwiyata Nasional hingga Mandiri.
Tahun 2007, ia menjabat sebagai kepala SDN Sawojajar 1. Di bawah kepemimpinannya, sekolah ini mampu lolos ke Adiwiyata Nasional. Kuncinya adalah, selalu disiplin dalam menjaga lingkungan yang tidak hanya bersih, namun juga asri.
Nanik menggambarkan suasana lingkungan di SDN Sawojajar 1 yang memiliki lahan cukup luas untuk ditanami tanaman hijau. Potensi lingkungan itu yang menurutnya harus dimaksimalkan lagi.
“Yang pasti, itu adalah awal saya bisa membawa sekolah ke Adiwiyata hingga ajang nasional. Sebelumnya saya belum bisa membawa SD ke ajang nasional,” kata dia.
Ia juga selalu mengajak seluruh guru dan karyawannya untuk selalu menjaga lingkungan. Ia terapkan betul peraturan tentang menjaga lingkugan. Misalnya, dengan memasang tulisan tidak boleh membuang sampah sembarangan dan lainnya yang tidak merusak lingkungan.
Lalu di tahun 2010, ia dipindah tugaskan ke SDN Purwantoro 1. Di sekolah yang ia pimpin saat ini, Nanik mampu membawa sekolah merintis menuju Adiwiyata Mandiri. Di sekolah ini, ia menerapkan hal yang sama. Selalu mengajak staf dan karyawan untuk menjaga lingkungan.
“Tapi kalau di sini saya juga mengajak orang tua untuk membantu membuat lingkungan yang tidak hanya bersih namun asri,” terang dia.
Untuk saat ini, ia tengah mempersiapkan kualitas sekolah yang dipimpinnya itu menuju sekolah model untuk percontohan SD di Kota Malang.
“Untuk mengemban kepercayaan ini, saya tetap terus mengajak orang tua, guru dan karyawan untuk bekerjasama dalam merintis SD model dan juga Adiwiyata mandiri,” kata perempuan yang akan pensiun pada April 2017 ini.
Sebelum menjadi kepala sekolah ia mengabdi menjadi guru selama 22 tahun. Ia diangkat menjadi kepala sekolah pada tahun 1999 hingga saat ini. (sin/oci)

Berita Lainnya :