Kompetisi MIPA Masuki Babak Final


MALANG - Memasuki hari ke lima, Langsep Challenge 2017 di SMAK Santa Maria semakin seru. Kali ini tidak hanya turnamen basket, tapi juga ada beberapa perlombaan lain yang tidak kalah menarik. Seperti dance, band dan kompetisi MIPA juga dihelat, Jumat (13/10).
Lomba dance diikuti lima grup dan delapan grup untuk lomba band. Lomba ini digelar di aula SMAK Santa Maria dan berlangsung sukses dan meriah. Teknis pelaksanaannya diatur secara berselang, sehingga penonton tidak merasa jenuh.
Kordinator lomba Dance Maria Widyaningsih, S.Pd mengatakan, kriteria penilaian meliputi konsep, karakteristik dan teknik.
"Para peserta sudah berusaha maksimal dan mereka sudah menampilkan yang terbaik," ucapnya.
Ia menambahkan, Langsep Challenge merupakan sebuah kegiatan yang mewadahi seluruh potensi siswa, baik akademik maupun non akademik. Menurutnya, ini sesuai dengan konsep kurikulum 13 yang bertujuan membentuk manusia yang seutuhnya. “Tidak hanya pandai secara akademik, melainkan juga bidang olahraga dan seni kreativitas,” imbuhnya.
Adapun para juara lomba dance yang dilaksanakan pagi kemarin antara lain, juara 1 diraih grup SMPK Kolese Santo Yusup 1 dan juara 2 diraih grup SMPK Santa Maria 2. Sedangkan lomba band, juara 1 dan 2 diborong SMPK Kolese Santo Yusup 1, serta juara 3 diraih SMPK Santa Maria 2.
Kepada seluruh peserta, Maria berharap untuk terus belajar dan berlatih serta tidak putus asa.
"Meraih prestasi adalah sebuah proses, dan itu bukan titik akhir dari segalanya. Karena di dalam sebuah proses itu setiap orang akan menemukan siapa dia, setelah itu dia akan berguna bagi sesamanya dan berbakti pada Tuhan,” tuturnya.
Sementara itu, kompetisi MIPA juga berlangsung dengan baik dan lancar. Sebanyak 22 tim siswa SMP se-Jawa Timur berkompetisi dalam bidang matematika, fisika, kimia dan biologi. Di babak penyisihan, peserta mengerjakan 80 soal dengan sistem online. Waktu yang diberikan tidak lebih dari 120 menit.
Dari 22 tim tersebut, hanya diambil 10 tim yang dinyatakan masuk semi final. Di babak ini, peserta harus menyelesaikan soal dengan konsep realy game.
Terdapat 24 soal dengan kategori soal mudah, sedang dan sulit. Soal-soal ini tersebar di delapan pos yang disediakan. Para peserta harus mendatangi pos-pos tersebut untuk mengumpulkan poin. Jika dalam satu pos peserta dapat menyelesaikan tiga soal dengan baik dan benar, maka akan mendapatkan 100 poin. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan babak semi final ini hanya 60 menit. "Jadi mereka harus benar-benar memanfaatkan waktu seefektif mungkin, dengan tetap fokus dan konsentrasi. Kalau tidak maka akan banyak waktu yang terbuang," terang Josephine Maria Windajanti, S.Pd, M.Si, Kordinator Kompetisi MIPA.
Ia mengatakan, tim juri hanya akan mengambil lima tim peserta yang dianggap layak untuk lolos ke babak final yang rencananya akan digelar Sabtu (14/10) pagi ini. Babak final, dilaksanakan dengan konsep ‘Presentasi Inovasi Produk’. Dimana para peserta diberikan bahan-bahan bekas untuk dijadikan sebuah produk sesuai arahan panitia.
"Tahun ini kami memutuskan para peserta bisa membuat produk kapal dari bahan bekas dengan sistem kerja motor," katanya.
Hasil karya cipta dari peserta tersebut akan diuji coba untuk mengetahui tingkat keberhasilannya dan dipresentasikan oleh peserta terkait.
"Kita akan lihat besok (hari ini, Red) siapa yang terbaik diantara mereka," tukasnya. (imm/sir/oci)

Berita Lainnya :