magista scarpe da calcio Manfaatkan Gadget, Guru Tak Lagi Repot Bawa Laptop


Manfaatkan Gadget, Guru Tak Lagi Repot Bawa Laptop



MALANG - SEBAGAI sekolah rujukan, SMPN 3 Malang terus melakukan inovasi dan terobosan baru. Saat ini, salah satu sekolah favorit ini menerapkan konsep pembelajaran berbasis digital. Sekolah yang berada di Jalan Dr. Cipto Kota Malang ini baru saja melaunching program baru berbasis android, yang diberi nama Power Point Text for Android (PPT for android).
Aplikasi ini digunakan untuk guru dalam proses pembelajaran. Istimewanya, dalam aplikasi ini, tidak hanya bentuk teks saja yang bisa diunggah, tapi juga audiovisual menarik yang bisa diakses dan dinikmati oleh seluruh siswa.
Selain mempermudah guru dalam proses pembelajaran, aplikasi ini juga membantu mempermudah siswa dalam menerima pelajaran. Bagi guru, aplikasi ini bisa membantu mereka untuk menyimpan file data, dan lebih praktis, sehingga mereka sudah tidak perlu lagi mengajar menggunakan laptop, semuanya sudah berbasis gadget.
Salah satu tim IT pembuat aplikasi, Zainal Hasan Sp.d mengatakan, setiap guru memang diwajibkan untuk membuat PPT yang kemudian diunggah ke aplikasi ini. Ia dan timnya membuat aplikasi itu dan diberi nama SMPN 3.
Aplikasi ini memang mudah diterapkan bagi guru. Caranya juga cukup sederhana. Guru yang telah membuat materi PPT wajib mengunggahnya. Setelah diunggah, format PPT akan diubah menjadi file android application (APK). Setelah diunggah dan format diubah, lalu mereka bisa mengaplikasikan dalam pembelajaran.
Aplikasi ini memang bisa diunduh oleh siapapun dan terbuka untuk umum. Semua bisa mengakses. Yang istimewa lagi, di dalam aplikasi ini bukan hanya teks saja namun juga ada aplikasi audio visual yang juga bisa diakses oleh siswa. Audio visual yang diunggah beragam, bisa bentuk video atau lainnya dalam bentuk 3D.
Zainal mengatakan, ketika awal launching aplikasi ini, setelah melakukan survey acak kepada siswa, ia mendapati banyak siswanya yang ternyata  senang dan memberikan respon positif.
“ Saya melakukan survey dan ternyata anak-anak kelas IX semuanya memberikan respon positif, komentar mereka kalau saya boleh mengakumulasikan, semuanya senang karena dengan aplikasi ini siswa bisa belajar sewaktu-waktu. Juga bisa belajar tanpa harus membuang waktu mencatat,” terangnya.
Kepala sekolah, Dra Tutut Sri Wahyuni, M.Pd mewajibkan guru menggunakan aplikasi ini.
“Bukan kami mengajari mereka untuk manja. Karena tidak perlu membawa lapoto untuk mengajar, tapi kami hanya ingin memberikan mereka kenyamanan serta kemudahan saja. Saya mewajibkan setiap guru menggunakan aplikasi ini,” kata kepala sekolah
Menurut Tutut, sebagai sekolah rujukan memang sudah seharusya sekolah selalu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan inovasi baru. Salah satunya, adalah dengan membuat berbagai inovasi berbasis digital.
Sebelum ada aplikasi ini, kata Tutut, SMPN 3 Malang juga telah mempunyai aplikasi berbasis android lainnya yakni learnstore.com.
Dalam learnstore.com, terdapat berbagai media pembelajaran. Yakni e-book, refrensi guru, soal-soal latihan, soal ujian dan sebagainya.
Selain adua aplikasi itu, untuk tata tertib sekolah, SMPN 3 juga sudah menerapkan e.tatib. Dimana petugas tatib, guru, dan kepala sekolah bisa memberikan siswa nilai atas pelanggaran yang dilakukan melalui online dimanapun dan kapanpun.
“Karena ini berbasis online, jadi mereka bisa kami beri catatan langusg kalau ketahuan melanggar. Tanpa harus ditegur,” kata dia.
Tutut mengatakan, untuk program jangka panjang nanti, ia akan membuat sistim e-tatib ini lebih canggih lagi. Ia akan membuat e-tatib agar juga bisa diakses oleh orang tua.
“Ini program jangka panjang nanti. Minimal 2018 nanti tim IT kami akan mencoba membuat itu,” pungkasnya. (sinta/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top