magista scarpe da calcio Mahasiswa Bisa Kaya dengan Meneliti


Mahasiswa Bisa Kaya dengan Meneliti


MALANG – Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Drs. H. Fauzan, M.Pd, memiliki mimpi agar kelak mahasiswa menjadi seseorang yang kaya begitu lulus kuliah. Ketika melakukan studi, biaya kuliah akan tertutup dengan penelitian yang menjadi penghasilan mereka.
“Ini yang sedang kami siapkan formatnya. Mahasiswa tidak perlu melapor tidak punya uang untuk membayar SPP atau DPP. Begitu mahasiswa masuk ke kampus, mereka akan masuk ke dalam sistem yang membuatnya jadi hebat di situ. Perguruan tinggi memiliki fungsi sebagai problem solver,” ujarnya di sela acara seminar nasional, gelar produk dan festival kebangsaan kemarin (17/10).
Dari kegelisahan inilah yang kemudian digagaslah suatu program sebagai jembatan produk riset dengan dunia industri. Peran inilah yang harus diambil perguruan tinggi agar akademisi kampus bisa dipertemukan dengan dunia usaha.
“Bagaimana  kehidupan perguruan tinggi bisa menyatu dengan masyarakat karena memang perguruan tinggi dihuni oleh orang-orang dengan kapasitas keilmuan, dan tidak boleh terkotak-kotak oleh profesi,” sambungnya.
Sementara itu, Direktur Inovasi Industri Kemeneristek Dikti, Ir. Santoso Yudho Warsono, MT. mengatakan sejauh ini telah banyak penelitian mahasiswa yang digunakan oleh industri. Dengan target pendanaan 40 sampai 60, tahun ini saja pihaknya telah mendanai sekitar 70 penelitian.
“Salah satunya yakni beninh jagung hibrida. Ini memiliki potensi yang sangat besar untuk didanai dan akan digunakan pada lahan ribuan hektar. Kami dukung produk-produk yang bagus untuk disertifikasi, diuji, dan diberikan izin edarnyaagar sampai dan digunakan untuk masyarakat,” katanya.
Telah banyak perguruan tinggi yang mendirikan unit-unit kersama dengan industri untuk menghubungkan dnegan pihak peneliti. Didalamnya, telah ada bagian yang mengurus dan menegosiasikan royalty dengan industri.
“Sehingga dosen tidak boleh dibebani dengan aspek financial. Dosen hanya meneliti, karena riset harus terus berkembang meski telah sampai di industri,” ujarnya. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top