magista scarpe da calcio Niat dan Kemauan Kuat, Bekal Penting Sukses Berkarir di PLN


Niat dan Kemauan Kuat, Bekal Penting Sukses Berkarir di PLN


MALANG - SMK PGRI 3 Malang memiliki kerja sama khusus dengan PT PLN. Selain menyiapkan lulusan yang sesuai kebutuhan perusahaan tersebut, juga ada kegiatan bernama PLN Mengajar. Kemarin, puluhan siswa SMK PGRI 3 mengikuti kegiatan tersebut. PLN mengajar ini adalah keberlanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) antara SMK PGRI 3 dan PT PLN.
Kegiatan PLN Mengajar dipimpin Manajer Area Malang Joice Lanny Wantania. Dalam kegiatan, Joice tidak hanya melakukan pemaparan materi tentang pekerjaan menjadi teknisi kelistrikan saja. Namun siswa juga diberikan kesempatan untuk bertanya apapun yang ingin mereka ketahui seputar profesi sebagai teknisi kelistrikan. Tanya jawab berlangsung interaktif.
Selama proses kegiatan, banyak siswa yang nampak antusias mengikuti program ini. Selama hampir 60 menit, siswa mengikuti kegiatan. Joice sesekali melemparkan pertanyaan, dan siswa menimpalinya dengan penuh semangat. Semangat siswa menampakkan minat tinggi mereka dalam bidang tenaga listrik.
Salah seorang siswa bernama Danial melemparkan sebuah pertanyaan, apakah diperbolehkan bekerja di PLN, tetap merokok tapi tidak merokok ketika bekerja. Pertanyaan itu membuat seisi ruang tertawa, sebab ketika Joice menanyakan lima alasan, kenapa ia suka merokok, jawaban yang dilemparkan menggelitik.
“Pertama, karena merokok itu membuat bahagia, kedua merokok mampu menghilangkan stres, termasuk stres pekerjaan, ketiga, karena merokok menyebabkan hidup lebih menikmati hidup, keempat karena merokok membuat selalu tersenyum, kelima karena merokok mendekatkan diri kepada Tuhan,” jawab Danial.
Mendengar jawaban itu, Joice menjawab dengan tegas. Merokok tetap tidak diperbolehkan, baik ketika bekerja, ataupun di luar pekerjaan. Berkat pertanyaan itu, Joice akhirnya memberikan motivasi kepada siswa yang hadir.
Kalau mereka ingin bekerja dengan lima dasar yang disebutkan oleh Danial, mereka harus menganggap profesi atau pekerjaan mereka sebagai hal penting yang harus mereka cintai dalam hidup. Sehingga pekerjaan tidak akan membuat stres, tidak akan menjauhkan kepada Tuhan, akan selalu membuat bahagia, senang, dan selalu membuat tersenyum.
“Itulah yang harus diterapkan generasi milenial saat ini. Jika ingin bekerja, kalian itu harus mencintai pekerjaan sebagai sesuatu yang dimiliki. Kalau berbicara pepatah, tak kenal maka tak sayang, saya rasa untuk jurusan vokasi itu sudah mutlak kalau untuk mengenali minat dan jurusan mereka,” kata Joice.
Ia juga memberikan pemahaman, jika utamakan pekerjaan dibandingkan dengan kebiasaan merokok.
“Sekali lagi prioritaskan pekerjaan. Hidup itu pilihan. Kalau kalian memilih untuk merokok, ya itu pilihan. Tapi menurut saya rugi, sebab kalian anak-anak pilihan yang telah lolos seleksi di kelas ini,” kata Joice.
Selain pertanyaan tentang kebiasaan merokok, hal berkaitan dengan pekerjaan yang ditanyakan lainnya adalah bagaimana caranya seorang perempuan bisa bekerja di jurusan kelistrikan. Rekruitmen perusahaan bergengsi milik negara itu, beberapa tahun membuka lapangan pekerjaan untuk bidang kelistrikan hanya khusus untuk laki-laki saja.
Pertanyaan itu disampaikan oleh Fhadiyah Nada AC, siswa jurusan instrument kelas PJB.
“Seperti yang saya katakan, hidup itu pilihan. Kalau memang kita mempunyai niat dan kemauan kuat. Tidak ada salahnya kalian perempuan mencobanya. Kami memang punya banyak pertimbangan. Tapi ketika kalian mencoba kami pun tidak menutup kemungkinan itu,” terang dia.
Dari dua pertanyaan tersebut, Joice menyimpulkan antusiasme yang dimiliki siswa SMK PGRI 3 sangat tinggi. Minat mereka untuk bekerja dibidang sesuai keahlian mereka pun juga nampak terlihat dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.
Selain PLN mengajar, kegiatan ini juga dirangkai dengan penyerahan bantuan dari PT PLN kepada SMK PGRI 3 untuk mendukung sarana dan prasarana. Bantuan yang diberikan antara lain adalah, beberapa tiang listrik, alat-alat laboratorium. (sinta/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang