Kontingen SMK PGRI 3 Siap Jadi yang Terbaik


 
MALANG – Kontingen SMK PGRI 3 berhasil mewakili Kota Malang lolos Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Jawa Timur, di Banyuwangi. Kemarin, tim SMK PGRI 3 melakukan pelepasan 10 tim yang lolos.
Kontingen TIM PGRI 3 dilepas dengan upacara ceremonial, diikuti siswa dan anggota guru. Dalam upacara ceremonial, 10 tim bidang lomba dibekali motivasi oleh para guru.
Setelah itu, satu per satu dari siswa mencium bendera merah putih yang dikibarkan di lapangan upacara, diiringi lagu Indonesia Pusaka.
Ketika satu per satu dari mereka mencium bendera merah putih, siswa terlihat berkaca-kaca. Salah satu siswa Deta Fillita Bela dari kelas XI alfamart mengaku haru ketika harus mencium bendera merah putih. 
“Bapak/Ibu guru berhasil membuat saya terharu dan semangat untuk berjuang. Saya merasa sebagai anak Indonesia harus bisa berjuang semaksimal mungkin. Moment ceremonial seperti ini sangat memotivasi saya,” paparnya.
Ia mengaku sudah siap, terutama dalam hal kompetensi. Hanya, lanjutnya, yang masih harus disiapkan adalah mental. 
“Karena saya suka grogi. Di LKS kota juga saya grogi, tapi sekolah sudah memersiapkan semuanya semaksimal mungkin. Kami diberikan motivasi dan digembleng mental,” kata Deta.
Waka Kesiswaan, Adhy Ariyanto,ST MT membenarkan, jika siswa masih perlu pembinan mental. Sebab, ia mengetahui, ketika di lapangan, seringkali rasa grogi masih ada. 
“Ketika mereka di lapangan, mereka pasti akan merasa grogi. Kemarin ketika berlaga di LKS kota, kelihatan mereka grogi. Kalau keahlian memang sudah menguasai,” bebernya.
SMK PGRI 3 mendatangkan pakar atau praktisi yang ahli dibidangnya untuk membina mental sisa dari 10 jenis bidang keahlian. Ia mencontohkan, untuk refrigerator, ia mendatangkan para alumni yang pernah memenangkan LKS tahun lalu. 
“Kami mendatangkan alumni untuk mendampingi. Share and care kami lakukan untuk menggelembeng mereka, agar mental siswa ketika grogi dalam menghadapi suasana bisa teratasi,” kata Adhy.
ia mengatakan, pelepasan kontingen SMK PGRI 3 kemarin, bisa membawa harum nama Kota Malang di regional Jawa Timur. 
“Mandat dari kota, bersaing dengan kota lain dan membawa harum Kota Malang. Sebelumnya, mandat dari sekolah, membawa nama baik dengan bersaing 1200 siswa se-Kota Malang untuk 10 bidang lomba,” bebernya.
Dari 10 bidang lomba yang diikuti, ia berharap seluruhnya bisa meraih juara. Terlebih lagi. Nantinya bisa mempertahankan bidang lomba refrigerator untuk menang yang tahun lalu sempat maju hingga LKS internasional di Brazil. (sin/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :