SMK Budi Utomo Kepanjen Gandeng BTPN Syariah


MALANG - SMK Budi Utomo (BU) Kepanjen Malang, kemarin melakukan kerjasama dengan BPTN Syariah. Para siswa dan alumni yang mumpuni,  cakap,  serta memenuhi persyaratan, akan direkrut BPTN Syariah untuk menempati beberapa posisi yag dibutuhkan. ‘’Ini sebagai upaya merealisasi visi misi lembaga kami yakni menciptakan siswa yang siap kerja. Bahkan bekerja sebelum lulus,’’  Ketua BKK SMK Budi Utomo Kepanjen  Candra Husein Puji Putra, S.Pd
Menurut Chadra,  salah satu perusahaan yang digandeng SMK Budi Utomo  kemarin adalah  BTPN Syariah. Lembaga ini   merupakan bank umum syariah ke-12 di Indonesia yang bergerak dalam pembiayaan  kelompok untuk perempuan pelaku usaha mikro. Untuk itulah, tepat jika siswa SMK Budi Utomo untuk mengisi posisi sebagai karyawan bank tersebut.
Ada beberapa alasan mengapa SMK BU  menggandeng BTPN Syariah untuk rekruitment kerja, dan   di BTPN Syariah peluang jenjang karier sangat bagus dan cocok untuk lulusan SMK BU. “BTPN Syariah memberikan jenjang karir yang jelas bagi karyawannya. Selain itu, ketika karyawan sudah naik pangkat menjadi manager area maka sewaktu-waktu manager area akan turun ke lapangan juga. Dan inilah tantangan yang saya maksud,” Tegas Chandra.
Untuk proses rekrutan kemarin,  merupakan rekrutment pertama BTPN Syariah yang digelar di di SMK BU yang ada di Jalan  Bromo 15 D Sukun  - Kepanjen.  Rekrutment tersebut diikuti   100 pelamar dari beberapa daerah di wilayah Malang raya. Para pelamar, tidak hanya dari alumni SMK BU,   namun ada juga dari berbagai alumni SMK  lain.
 “Rekrutmen kerja BTPN Syariah di SMK BU tersebut, dibuka untuk umum. Baik untuk alumni SMK BU sendiri maupun  alumni dari sekolah lain. Rekruitmen ini gratis tidak dipungut biaya karena sudah dianggarkan di RKAS (Rencana Kerja Anggaran Sekolah) Sekolah,’’ tambah  lulusan Universitas Muhammadiyah Malang ini
Proses Rekrutmen kerja tersebut berjalan lancar. Dimulai  pukul 08.00 -  14.00.  Selama 6 jam tersebut tidak hanya test wawancara,  namun  ada juga sesi presentasi dari pimpinan wilayah BTPN Syariah dan tanya jawab tentang Job Deskripsi posisi yang ditawarkan oleh BTPN Syariah. Selain itu, dijelaskan juga  apa saja yang akan didapat pelamar jika bekerja di BTPN Syariah.
Sementara itu, untuk langkah kedepan BKK SMK BU Kepanjen akan melakukan MoU dengan perusahan dari berbagai bidang yang sesuai dengan minat dari lulusan SMK BU Kepanjen. Harapannya  dapat menyerap dan menyalurkan lulusannya ke dunia kerja tanpa ada masalah dan hambatan, sehingga dapat membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran. (fik/sir/oci) 

Berita Terkait

Berita Lainnya :