Rancang Teknologi untuk UMKM, Polinema Terima Penghargaan


MALANG – Atas dedikasinya dalam perkembangan teknologi tepat guna bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),  Politeknik Negeri Malang mendapatkan penghargaan International Council for Small Business (ICSB) Indonesia Presidential Award 2017. Penghargaan ini diterima langsung oleh Direktur Polinema, Drs. Wawan Setyawan, MM, di Pondopo Kabupaten Malang beberapa waktu yang lalu.
“Contohnya kami pernah membuat suatu peralatan di daerah yang punya potensi nanas yang membludak saat panen. Pada saat panen, harganya ditentukan oleh pedagang, sedangkan kalau lama tidak laku, maka bisa membusuk,” ujar Wawan.
Untuk itulah, Polinema kemudian membuat suatu peralatan tepat guna untuk pemilik UKM mengolah buah nanas menjadi keripik nanas, selai nanas, sirup nanas, permen hingga jenang nanas. Sehingga, produk buah nanas terdiversifikasi dalam berbagai produk yang memberikan nilai jual tinggi serta memiliki ketahanan terhadap faktor waktu.
Selain nanas untuk makanan, juga dibuat suatu alat untuk mencacah kulit nanas untuk makanan ternak. Proyek yang berlangsung di tahun 2015 ini menghasilkan berbagai produk yang membuat nanas termanfaatkan secara maksimal.
Polinema juga berkerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo untuk membantu teknologi bagi pemanfaatan mangga. Mangga yang telah ranum, diolah menjadi keripik, sedangkan yang lewat masak diolah menjadi sirup, dan ampasnya menjadi dodol mangga. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :