KPK Jaring Riset Antikorupsi dari Malang Raya


MALANG - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menunggu riset bertema antikorupsi dari PTN dan PTS Malang raya. Karena itu, pada Jumat, (20/10/17), digelar seminar dan roadshow di Universitas Brawijaya.
Kepala Bagian Pelayanan Informasi dan Komunikasi Publik KPK Yuyuk Andriati menjelaskan kegiatan seminar dan roadshow ini ditujukan untuk memantik ide-ide dari sivitas akademik PTN atau PTS di Malang Raya dalam bentuk tulisan atau penelitian yang berkualitas dan hilirnya akan masuk dalam Jurnal Integritas.
"10 Proposal terbaik dari seluruh Indonesia akan mendapat dana riset sebesar Rp. 10 juta dan 20 besar akan mendapat coaching clinic penulisan yang lagi-lagi akan dimasukkan ke dalam jurnal Integritas. Kami targetkan Jurnal Integritas ini terakreditasi tahun 2018," kata Yayuk dirilis Humas UB.
KPK, lanjutnya, memiliki tugas untuk menerbitkan Jurnal Integritas sebagai salah satu wahana pemikiran dan penelitian bertema antikorupsi dari berbagai disiplin ilmu. Diharapkan dari jurnal ilmiah dapat mendukung pertukaran informasi dan pengetahuan antikorupsi yang digunakan untuk belajar-mengajar, menyajikan hasil penelitian berkualitas tinggi.
Hal tersebut disambut positif Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, MS  karena sudah lama UB dan KPK bekerja sama dalam bidang akademik guna memberantas korupsi yang notabene "musuh utama" negara ini.
"Saya sangat kagum dengan KPK karena niat tulusnya supaya Indonesia menjadi negara yang "bersih" di segala aspek kehidupan dengan cara melaksanakan kegiatan mulai dari pendidikan, pelatihan, penelitian sampai tindak pencegahan korupsi. Dan saya harap Jurnal Integritas ini nantinya akan terindeks Scopus," ujar Bisri.
Roadshow yang digelar di UB ini merupakan Roadshow terakhir KPK yang memulainya sejak tanggal 19 September 2017 dan sudah singgah di 13 universitas seluruh Indonesia dengan target 80 - 100 peserta tiap roadshow. (oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :