magista scarpe da calcio Jadilah Orang Tua Hebat di Era Digital


Jadilah Orang Tua Hebat di Era Digital


MALANG - Sabtu (21/10), seluruh orang tua siswa SD Muhammadiyah 9 ‘Jenderal Sudirman’ mendapat pencerahan dari motivator nasional, Suhadi Fadjaray. Dalam sebuah kegiatan seminar parenting yang diselenggarakan SD Muhamadiyah 9 di Gedung VEDC ini, orangtua mendapat materi motivasi untuk menjadi orangtua yang hebat di era digital. Mereka sepakat, bahwa materi tersebut sangat dibutuhkan untuk mendidik anak di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini.
Kepala SD Muhammadiyah 9 Sony Darmawan, M.Pd mengatakan merambahkanya gadget pada seluruh kalangan masyarakat, membuat orangtua kewalahan dalam membimbing dan mendidik anak. Jika tidak disikapi dengan dengan benar akan menjadi sebuah ancaman yang serius bagi masa depan anak-anak mereka.
“Sementara kemajuan teknologi itu tidak bisa kita hindari. Oleh karenanya  harus ada solusi bagaimana menyikapi kamajuan dengan benar agar anak-anak kita menikmati kemajuan tanpa terpengaruh dengan hal-hal yang negatif,” ucapnya di sela acara.
Untuk itu, lanjut  Sony, diselenggarakannya seminar parenting dengan pemateri yang handal dapat memberikan solusi dan motivasi kepada guru dan orangtua dalam menghadapi kemajuan tersebut. Selain itu, dapat menyamakan langkah antara guru dan orangtua dalam membina siswa sehingga tujuan dalam melahirkan generasi yang saleh dan hebat dapat terwujud.
“Keselarasan dan keterpaduan ini sangat penting, mengingat pendidikan anak itu tidak bisa sepenuhnya dilimpahkan pada satu pihak saja,” katanya.
Ketua Pelaksana, Arip Darmawan, M.Ag mengatakan seminar parenting yang melibatkan seluruh orangtua baru pertama kali ini digelar. Biasanya seminar semacam itu dilaksanakan per tingkat kelas, tidak bersama-sama dalam satu forum.
“Karena tempat kami belum cukup memadai untuk menampung seluruh orangtua, jadi kami melaksanakannya di luar sekolah,” kata dia.
Meskipun begitu, antusiasme orangtua untuk menghadiri seminar sangat tinggi. Tidak kurang dari 400 undangan yang datang.
“Semoga acara seminar seperti ini bisa sering kita laksanakan agar wawasan kita semakin luas,” ucapnya.
Tema parenting kali ini yakni ‘Menjadi Orangtua Sholih dan Hebat di Era Digital’. Arip mengatakan, tema tersebut diangkat karena memang saat ini sangat dibutuhkan wawasan dan pengetahuan tentang mendidik anak di era global dengan segala kemajuannya. Apalagi kata Arip, sudah menjadi perintah Rasulullah agar orangtua bisa mendidik anak sesuai dengan zaman mereka.
“Ajarilah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup di zaman mereka sedangkan kalian diciptakan untuk zaman kalian,” ucap Arip, dengan mengutip salah satu hadits.
Salah satu wali siswa, Rifky mengatakan, mayoritas orangtua mungkin belum siap untuk menjadi orangtua yang sebenarnya. Bahkan mulai remaja hingga ke jenjang pernikahan belum punya bekal untuk menjadi orangtua yang baik.
“Itu yang menjadi inspirasi kami untuk mendapatkan ilmu sebagai bekal mendidik anak,” katanya.
Di masa yang serba digital menjadi tantangan tersendiri yang dirasa cukup berat bagi kalangan orangtua. “Maka selama orangtua belum saleh jangan bermimpi memiliki anak yang saleh dan salehah, maka harus dimulai dulu dari diri sendiri,” ucap ayah dari Almira Queena ini.
Ia menilai sejauh ini pendidikan di SD Muhammadiyah 9 telah sesuai dengan harapan orangtua.
“Pendidikan yang diterapkan cukup berimbang antara akademik dan diniyahnya. Maka sebagai orangtua kami pun belajar menyadari bahwa kecerdasan anak tidak hanya diukur oleh angka, tapi juga dilihat dari kercerdasan sikap dan ibadahnya,” tuturnya. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :