Lacak Alumni, UWG Manfaatkan Facebook


MALANG –  Tak hanya menggunakan nomor telpon, dan alamat email, tim Pusat Pengembangan Karier (PPK) Universitas Widyagama Malang (UWG) juga melacak keberadaan alumni dengan menggunakan akun sosial media facebook. Pelacakan ini guna kepentingan pengisian tracer study yang harus dilengkapi dua tahun setelah kelulusan mahasiswa.
“Karena sudah lulus dua tahun yang lalu, jadi mungkin kontaknya sudah banyak yang berubah. Untuk kami kirimkan via pos juga kurang efisien, jadi kami colek mereka lewat facebook,” ujar Ketua Pusat Pengembangan Karier, Dra. Wiwin Purnomowati, MSi.
Namun melalui akun facebook, Wiwin mengaku masih mengalami kesulitan lantaran terdapat beberapa akun yang memiliki nama yang sama, seperti nama mahasiswa yang sedang dia cari. Ditambah beberapa akun tersebut rata-rata tidak mencantumkan latar belakang pendidikannya. Selin itu juga ebberaap mahasiswa yang tidak menggunakan nama asli dalam akun facebook.
“Saya juga tdak hapal satu persatu mahasiswanya, akhirnya saya lihat, kalau di facebook itu dia berteman dengan dosen Widyagama, kemungkinan benar dia mahasiswa saya. Baru kemudian saya inbox untuk mengisi kuisioner tracer study,” lanjutnya.
Metode pengiriman dokumen kepada mahsiswa via pos juga sudah tak lagi dilakukan, mengingat dari evaluasi pelaksanaan tracer studi tahun lalu, banyak surat yang dikembalikan pada UWG lantaran alamat yang dituju tidak ditemukan. Pengiriman pesan melalui inbox dan email pun dengan menggunakan pengingat, sehingga apabila pesan tak kunjung dibalas, Wiwin akan segara mencari cara lain.
“Jadi setiap hari sampai akhir bulan Oktober ini, kami bekerjanya ya nelpon-nelpon, whatsapp, atau main facebook melacak mahasiswa,” imbuhnya.
Per tanggal 24 Oktober kemarin, telah terkumpul data sebanyak 45 persen dari 208 target mahasiswa. Padahal, jumlah yang bisa terlacak yakni sebesar 80 persen. Sisa angka 35 persen masih menunggu proses pengisian data tracer studi. Uniknya, sebagai bentuk apresiasi kepada alumni yang telah mengisi kuisioner, maka tim PPK akan mengirimkan suatu buku catatan bersampul Pusat Pengembangan Karir UWG sebagai kenang-kenangan.
“Ini sebagai apresiasi kami karena mereka sudah meluangkan waktu mengisi kuisioner. Kalau sudah mengisi, maka sejauh apapun alamat mereka, pasti saya kirimkan bukunya. Bahkan yang domisilinya di Sumba Timur pun kami kirimkan, yang penting alamatnya jelas,” sambung Wiwin.
Pengisian Tracer Studi ini dimaksudkan untuk mengetahui keterserapan mahasiswa, masa tunggu pekerjaan pertama, hingga informasi lowongan pekerjaan sehingga ke depan diharapkan muncul perbaikan kurikulum di UWG untuk menyiapkan mahasiswa dalam jenjang selanjutnya. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...