magista scarpe da calcio SMPN 1 Tularkan Manajemen Sekolah Berbasis Budaya


SMPN 1 Tularkan Manajemen Sekolah Berbasis Budaya


MALANG - Sebagai model Sekolah Penjamin Mutu Internal (SPMI) yang ditunjuk Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), SMPN 1 Malang wajib melakukan pengimbasan. Untuk kali pertama, pengimbasan digelar kemarin dan diikuti lima sekolah.
Sekolah imbas yang turut hadir adalah, SMPN 12, SMPN 22, SMPN 24, SMPK St Maria, dan SMP YPK.
kepala SMPN 1 Lilik Ermawati, M.Pd mengungkapkan salah satu kekhasan yang ditonjolkan SMPN 1 adalah penerapan sekolah berbasis budaya.
“Kami mulai penguatan budaya dengan pembiasaan kedisiplinan. Dengan demikian, siswa belajar budaya dari hal terkecil,” urainya,
Sebagai sekolah berbasis budaya, ada berbagai macam kegiatan yang terintegrasi dalam kurikulum maupun ekstrakurikuler. Kegiatan tidak hanya seni budaya tradisi, juga ada pembudayaan nilai-nilai moral.
Dalam penerapan kegiatan ekstrakulikuler, Lilik menyontohkan untuk kegiatan eksul, kesenian ia mewajibkan siswanya untuk membuat hasil karya topeng malangan. Untuk ekskul robotic, ketika siswa membuat konsep robot, juga harus berkarakter budaya Malang.
“Kalau untuk robotic misalnya, mereka harus memberikan ornament karakter malang. Misalnya ada batik-batik khas Malang, atau bahkan mereka bisa berbahasa walikan,” kata Lilik.
Lilik meminta kepada seluruh siswanya untuk mengaplikasikan budaya yang didapatkan dari pelajaran kesenian, dan juga pelajaran yang berkaitan dengan budaya untuk diterapkan di ekstrakulikuler yang mereka ikuti.
“Dengan begitu, tentu beberapa poin bisa kami penuhi. Misalnya untuk pembelajaran, masuk ke poin proses. Yang bisa dijadikan refrensi oleh sekolah imbas. Untuk ekskul, masuk kepada sarana prasarana,” bebernya.
Untuk pertemuan kali pertamanya itu, ia berharap dengan memperkenalkan sekolah basis budayanya, ia bisa sedikit membagi penerapan yang dilakukan SMPN 1 untukdijadikan refrensi.
“Kalau itu cara kami menerapkan standar nasional ke konsep sekolah. Tentu saja sekolah lain bisa menggali potensinya untuk menerapkan sistem seperti kami,” pungkas dia. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top