Dialog Alumni di Sumbawa, Rektor ITN Bentuk Korwil

 
MALANG - Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT menggelar pertemuan dengan para alumni yang ada di Pulau Sumbawa. Dalam pertemuan tersebut, ia sosialisasi  visi misi ITN Malang sebagai syarat menuju re-akreditasi. Kesempatan ini menjadi momentum terbentuknya Koordinator Wilayah (Korwil) Alumni ITN di Sumbawa, yang rencananya akan ditindaklanjuti dengan pembentukan di seluruh Indonesia. 
Dialog bersama alumni itu merupakan rangkaian kunjungan Rektor ITN Malang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT pada Senin (23/10). Tak hanya bertemu alumni, Rektor ITN juga bertemu dengan Bupati Sumbawa H.M Husni Djibril, B.Sc dan berkunjung ke gedung DPRD serta Rektor Universitas Samawa Prof. Syaifuddin Iskandar. 
“Salah satu yang dinilai dalam re-akreditasi adalah bagaimana rektor menyosialisasikan visi misi kepada alumni. Karena itulah, alumni di Sumbawa dikumpulkan,” ungkap Lalu Mulyadi.
Memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah merupakan salah satu misi yang diemban ITN Malang. Melalui teknologi terapan yang dikembangkan para dosennya, ITN Malang harus bisa memberikan kontribusi ke daerah. Karena itulah, MoU pun dibangun antara Pemkab Sumbawa dan ITN Malang. Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Rektor ITN dan Bupati Sumbawa M Husni Djibril. 
“Bupati berharap ada banyak potensi yang bisa diselesaikan ITN karena memiliki dosen yang multidisiplin. ITN adalah gudangnya ahli yang bisa bermanfaat untuk daerah,” urainya. 
Bupati Sumbawa bahkan memberikan amanat besar pada ITN Malang dalam penyelenggaraan inovasi daerah. Rencananya, akan diselenggarakan lomba inovasi daerah dalam rangka mendorong dihasilkannya berbagai inovasi dari Kabupaten Sumbawa. Menurut Bupati, MoU yang ditandatangani memiliki nilai strategis dalam penyelenggaraan pembangunan daerah, memperkuat pendekatan teknokratis dalam perencanaan pembangunan daerah. 
Usai menyepakati kerja sama dengan Bupati Sumbawa, Rektor juga bersilaturahmi ke DPRD Kabupaten Sumbawa. Sambutan hangat diterima dari para pimpinan legislatif yang hadir lengkap menyambut Rektor ITN Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT. 
Sebelum menyepakati kerja sama dengan Pemkab Sumbawa, Rektor ITN juga sempat bertemu dengan Rektor Universitas Samawa (UNSA) Prof. Syaifuddin Iskandar. Pertemuan ini menghasilkan kesepakatan kerja sama dalam menjalankan Tri Dharma perguruan tinggi. Menurut Rektor ITN, keberadaan UNSA sebagai perguruan tinggi daerah akan sangat bermanfaat mendukung kerja sama ITN dan Pemkab Sumbawa. Misalnya saja ketika melakukan penelitian dan riset di Sumbawa, dosen ITN bisa berkolaborasi agar mendapat data yang lebih valid. 
“Peluang untuk kerja sama sangat banyak sekali, baik dengan pemerintah maupun universitas Samawa,” tukasnya. (oci/van)

Berita Lainnya :