Wisudawan Unisma Miliki Sertifikat Komunikasi Internasional


MALANG – Hari ini, Universitas Islam Malang (Unisma) melepas 1.137 mahasiswa pada wisuda semester genap tahun akademik 2016/2017. Wisudawan terdiri dari lulusan program magister, profesi, dan sarjana. Yang berbeda, wisudawan kali ini dibekali dengan sertifikat TOEIC (Test of English for International Communication).
Wakil Rektor I Bidang Akdemik dan Kerjasama Unisma Prof. Drs. H. Junaidi, M.Pd., Ph.D mengatakan, sertifikat ini untuk menunjukkan mahasiswa memiliki kemampuan berkomunikasi secara internasional.
“Karena persaingan lapangan kerja yang semakin ketat, lulusan tidak hanya bersaing dengan orang Indonesia, tetapi juga era MEA sekarang ini, harus berebut dengan pencari kerja dari negara asing. Sehingga untuk membuktikan bila lulusan kami memiliki kemampuan berkomunikasi internasional, kami bekali mereka dengan sertifikat TOEIC,” ujarnya.
Untuk itu, Unisma bekerja sama dengan ITC cabang Malang untuk memberikan tes TOIEC secara gratis kepada mahasiswa. Bila tidak dalam konteks kerja sama, maka peserta diharuskan membayar hingga Rp 675 ribu.
Seperti yang telah menjadi agenda rutin di Unisma, sebelumnya calon wisudawan telah dimatangkan dengan pembekalan softskill pada 19 dan 20 Oktober lalu, dan dilanjutkan dengan kegiatan jobfair. Namun, Junaidi mengaku belum mengetahui data secara pasti jumlah mahasiswa yang terserap dalam jobfair kali ini.
Kepada para lulusan, Junaidi berpesan bahwa ilmu yang telah didapat di kampus dapat sebagai ekal untuk terjun ke masyarakat.
“Dan saat berada di masyarakat itulah, bekal tersebut harus benar-benar diterapkan dan digunakan dengan baik dan dapat membawa nama besar Unisma,” ujarnya.
Nama besar Unisma, lanjutnya, sepertinya telah bergaung hingga pelosok daerah. Hal itu terbukti dari mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah. Salah satu lulusan terbaik dari Fakultas Teknik, misalnya, berasal dari Paringin, Kalimantan Selatan, dan mahasiswa terbaik di Fakultas Kedokteran berasal dari Bandar Lampung.
Semua mahasiswa terbaik akan mendapatkan penghargaan dari Unisma dan beasiswa dari bank yang telah menjalin kerjasama dengan Unisma. Menariknya, pada wisuda kali ini, tiga besar wisudawan terbaik hadir dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Mahasiswa terbaik peringkat pertama dan kedua, berasal dari jurusan yang sama yakni Pendidikan Matematika.
Yang lebih membanggakan dan menjadi warna untuk wisuda kali ini, informasinya, Rektor Unisma, Prof. Dr. H. MAskuri mendapatkan undangan untuk untuk menerima penghargaan dalam Indonesia Achievement and Best Performing Award. (ras/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :