SMPN 3 SingosarMulai Program Literasi


MALANG – Peringatan Sumpah Pemuda menjadi momentum bagi SMPN 3 Singosari untuk memulai program Literasi. Sabtu, (28/10/17), siswa diminta untuk membaca dan mendiskripsikan informasi yang tersaji di surat kabar. Dalam hal ini, surat kabar yang dipakai adalah Malang Post, Korane Arek Malang. Dari 20 halaman yang tersedia, para siswa bebas memilih rubrik apa yang mereka sukai untuk didiskripsikan.
Dalam pelaksanaan kegiatan literasi, siswa dibebaskan untuk memilih tempat. Diantara mareka ada yang mengerjakan di kelas, di lapangan dan di bawah pepohonan rindang secara berkelompok. Sebuah pemandangan yang berbeda dari biasanya.
“Ini merupakan langkah awal kami dalam memulai program literasi. Semoga program ini dapat berjalan lancar  kedepannya,” ujar Panitia Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Endang Sri Wahyuni, S.Pd.
Peringatan sumpah pemuda juga diwarnai dengan beberapa kegiatan menarik. Salah satunya perlombaan. Lomba yang digelar yaitu, cipta dan baca puisi, pidato dan story telling. Lomba-lomba ini tidak diikuti oleh semua siswa, hanya perwakilan dari setiap kelas yang ada.
Endang mengatakan perlombaan yang digelar berkaitan dengan bahasa. Baik Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah maupun Bahasa Inggris. Hal ini bertujuan untuk mengasah lebih tajam lagi kemampuan anak dalam berbahasa yang baik dan benar.
“Memang momennya bulan bahasa dalam rangkaian sumpah pemuda, maka kita gelar lomba yang berhubungan dengan bahasa,” ucapnya.
Selagi perlombaan berlangsung, siswa yang tidak mengikuti lomba diarahkan untuk menikmati pentas seni yang digelar di lapangan. Berbagai seni kreatifitas mulai dari menyanyi dan menari ditampilkan untuk memeriahkan Hari Sumpah Pemuda tahun ini.
“Tujuannya untuk memberikan kesempatan tampil kepada anak-anak yang berbakat di bidang seni kreativitas,” tambahnya.
Sementara itu, upacara peringatan Sumpah Pemuda juga  diwarnai dengan serah terima jabatan antara pengurus OSIS masa bakti 2016-2017 ke pengrus OSIS yang baru. Sebagai pemuda bangsa yang memiliki peran di lembaga SMPN 3 Singosari,  pengurus OSIS yang lama telah sampai pada akhir masa baktinya.
Kini, pengurus OSIS yang baru, siap melanjutkan tugas dengan tantangan yang tentu tidak lebih mudah. Kendati demikian, pengurus OSIS merupakan siswa-siswi pilihan yang terpercaya baik dari kemampuan akademik, leadership ataupun keorganisasian pada umumnya.
Waka Kesiswaan SMPN 1 Singosari, Muksinin, S.Pd berharap pengurus OSIS yang baru dapat melaksanakan tugas dengan baik sesuai amanah yang diberikan oleh lembaga.
“Semoga mereka bekerja sesuai program visi dan misi sekolah, disamping itu mereka dapat menjadi teladan siswa lain. Serta sanggup menjaga nama baik almamater SMPN 3 Singosari,” ucapnya.   
(imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...