UB Programkan Satu Mata Kuliah Tiga Dosen


MALANG - Mendorong skill dan kompetensi mahasiswa, tahun 2018 mendatang Universitas Brawijaya akan menghadirkan program 3 in 1, yakni tiga dosen mengajar di satu mata kuliah. Tiga dosen tersebut berasal dari dosen luar negeri, dosen dari praktisi dan satu dosen internal kampus.
Rektor Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S. menilai selama ini 80 persen pembelajaran mahasiswa berupa knowledge atau pengetahuan dari dosen internal. Dengan pemaparan materi dari praktisi, akan menambah pengetahuan dan skill dalam dunia kerja.
"Pengajaran dosen praktisi ini tidak hanya sekadar kuliah tamu, tapi masuk dalam Satuan Acara Perkuliahan," ujarnya.
Nantinya, dosen praktisi dan dosen luar negeri akan memberikan kuliah sebanyak tiga kali tatap muka, sedangkan sisanya tetap diampu oleh dosen internal kampus. Pihaknya telah memprogram sekitar 100 mata kuliah untuk program 3 in 1 ini.
"Jadi nantinya akan ada 100 dosen luar negeri yang berkunjung ke UB. Waktu perkuliahan hanya terbatas dalam satu minggu dengan tiga kali tatap muka, dan langsung assement. Karena ini tentu berkaitan dengan pembiayaan," ungkapnya.
Selain untuk menambah pengalaman dan pengetahuan materi dari praktisi, ini juga upaya kampus untuk memasarkan branding UB beserta mahasiswanya. Sedangkan jumlah dosen luar negeri yang mengajar di UB, secara tidak langsung akan menjadi nilai tambah bagi pemeringkatan UB, mengingat salah satu poin penilaian yakni berdasarkan kunjungan doktor luar negeri yang masuk di kampus. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :