SMK Muhhamdiyah 2 Tlogomas Produksi minuman kesehatan


MALANG - Pendidikan kewirausahaan sekarang ini diarahkan untuk menciptakan entrepreneur yang inovatif dan kreatif, sehingga  memberikan arah yang jelas tujuan dari pendidikan kewirausahaan di level pendidikan menengah Yang nantinya akan dapat di implementasi oleh siswa setelah lulus nanti.
Seperti yang dilakukan SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang guna meningkatkan jiwa entrepreneur  siswanya,  melakukan terobosan dengan membuat satu produk minuman herbal yang di beri nama Smud’s  minuman yang kompisisinya air, kunyit, Asam, gula jawa..
Kepala  SMK Muhammadiyah 2  Nur cholis S.Pd menjelaskan tujuan memproduksi minuman herbal ini adalah untuk mengembangkan kewirausahaan , memberikan pelatihan kepada siswa kami  agar mereka tidak hanya  konsep konsepnya dasarnya saja yaitu mencari pekerjaan tapi mereka mampu untuk menciptakan lapangan pekerjaan  jelasnya.
Dalam pengolahannya minuman herbal ini murni tanpa ada bahan pengawet dan pengolahannya dikerjakan langsung oleh para siswa, dan  dalam seharimereka  yang mampu memproduksi 9-10  dos  yang satu dosnya  berisi 24 baik gelas maupun botol ukuran sedang , dasn pemasarannyanya masih baru hanya sebatas dari mulut ke mulut dan dilingkungan keluarga besar Muhammadiyah
“ kami mengakui kalau minuman ini belum mampu bersaing dengan pabrik dalam masalah harga, tapi kami mampu bersaing dalam hal rasa, dan yang terpenting  apa yang disyaratkan pemerintah kami masih dibawah apa yang disyarakan ,” Nur cholis S.Pd
Produk minuman herbal ini sebenarnya telah muncul setahun yang lalu sehingga pergerakkannya menjadi lamabat ini dikarenakan selain mesinnya masih memakai standar UKM, juga tidak terlalu banyak menggerakan warga sekolah untuk mempromosikan  yang nantinya banyak permintaan dan tidak mampu untuk memenehui.
Sementara itu Misriah S.Pd ketua kelompok kewirausahaan SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas juga menambahkan kita memang sedang menggalakkan program kewirausahaan selain membuat produk kami juga akan ada launching Enterpreuner skill to scholl yang tujuan bukan hanya bidang akedemik saja tapi setelah lulus diharapkan siswa mampu menjadi enterpreuner  tambahnya.
Untuk harga produk buatan siswa SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang sangatlah terjangkau , karena untuk satu botol minuman herbal ini dihargai dengan harga 5000, sedangkan untuk ukuran gelas perdosnya di hargai 35 ribu isi 24 gelas.
 “ saya berharap  produk minuman herbal  ini akan di kenal oleh masyarakat Malang maupu di luar Malang dan kedepannya kami ingin bekerja sama  dengan Muhammadiyah yang di Jogya ,”  Harap Misriah.
Rencannya bulan desember nanti produksi minuman herbal karya  dari siswa SMK Muhammadiyah 2 Malang  ini akan di lauching, sehingga kedepannya minuman kesehatan ini dapat diterima masyarakat luas, juga perlu di ketahui sekolah ini bukan hanya memproduksi minuman saja tapi sebelumnya sekolah ini melayani  berbagai jenis produk seperti batik Madura dan Assidiq, souvenir undangan, jasa jahit baju dan jas , kue basah dan bakery, semua produk ini hanya pemesanan saja tidak dibuat oleh sekolah. (ian/sir)

Berita Terkait

Berita Lainnya :