magista scarpe da calcio SD Muhammadiyah Kota Malang Kompak Maju Bersama


SD Muhammadiyah Kota Malang Kompak Maju Bersama


MALANG - Sebanyak 384 siswa SD Muhammadiyah berkumpul di Pondok Pesantren Al-Munawwarah Kedungkandang, Selasa (31/10). Mereka bertemu dalam rangka Pekan Ta’ruf Pelajar Muhammadiyah (Petapem) tingkat SD se Kota Malang.
Kegiatan ini digelar Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PD Muhammadiyah Kota Malang. Petapem juga dimeriahkan dengan aneka macam lomba untuk memacu semangat dan motivasi belajar siswa.
Terdapat delapan SD Muhammadiyah yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Yaitu SD Muhammadiyah 1, SD Muhammadiyah 3, SD Muhammadiyah 4, SD Muhammadiyah 5, SD Muhammadiyah 6, SD Muhammadiyah 8, SD Muhammadiyah 9 dan SD Aisyiyah.
Ketua Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah, Wahono mengatakan, digelarnya Petapem bertujuan untuk saling mengenal antar SD Muhammadiyah yang ada di Kota Malang.
“Dengan saling mengenal maka antar SD Muhammadiyah bisa saling akrab dan bisa saling berbagi ilmu,” ucapnya.
Selain untuk saling mengenal, kegiatan ta’aruf ini diharapkan bisa menjadi momen untuk meningkatkan potensi siswa. Untuk itu, Wahono menilai, adanya perlombaan menjadi agenda yang tepat untuk mensukseskan kegiatan ini.
“Dengan demikian satu sama lain dapat mengukur kemampuan peserta didiknya. Maka usai kegiatan ini para guru bisa membenahi kekurangan masing-masing. Sisi mana yang harus dikuatkan, untuk hasil yang lebih baik,” tuturnya.
Ketua K3S SD Muhammadiyah Kota Malang, yang juga sebagai Ketua Pelaksana Petapem,Sony Darmawan, M.Pd mengatakan, taaruf kali ini merupakan yang ketiga kalinya digelar. Pertama dilaksanakan di kantor PDM Kota Malang, selanjutnya di MTs Muhammadiyah 1 dan kali ini di MTs Muhammadiyah 2 yang lokasinya di Pondok Pesantren Al-Munawwarah.
“Alhamdulillah sejauh ini berjalan dengan lancar. Kami juga bersukur teman-teman kepala sekolah kompak dan sangat antusias,” ucapnya.
Sony menuturkan di kegiatan ta’aruf kali ini ada empat cabang lomba. Yakni lompa Pendidikan Agama Islam, Olimpiade Matematika IPA, Olahraga, dan seni kreatifitas. Dari empat cabang tersebut, dipecah menjadi 21 mata lomba.
“Memang dari perlombaan ini ada kalah ada menang. Tapi jauh dari hal tersebut, tujuan utama kami adalah untuk memperkuat ukhuwah,” katanya.  
Ia berharap melalui perlombaan ini, akan muncul siswa-siswi unggul yang bisa diproyeksikan ke even kompetisi lain, baik yang digelar pemerintah melalui Dinas Pendidikan atau instansi lainnya. Termasuk kompetisi yang biasanya digelar oleh Muhammadiyah tingkat provinsi dan nasional.
“Oleh karena itu kami mempersiapkan siswa lebih awal agar mereka siap,” imbuh Kepala SD Muhammadiyah 9 ini.
Sementara itu, Kepala SD Muhammadiyah 1, Elvi Mu’afidah, S.Pd mengatakan kegiatan Petapem dapat menjadi ajang untuk memperkenalkan SD Muhammadiyah secara keseluruhan. Sebab menurutnya, selama ini yang diketahui masyarakat hanya SD Muhammadiyah tertentu saja.
“Yang lain belum dikenal dan anak-anak pun juga perlu tau, bahwa mereka punya banyak saudara sesama sekolah Muhammadiyah,” ujarnya.
Kepala SD Muhammadiyah 8 Nasiruddin Hidayah, SH, menambahkan, Petapem juga bertujuan untuk mengetahui potensi yang dimiliki masing-masing sekolah. Sehingga ia berharap, potensi yang dimiliki satu sekolah, bisa diimbaskan ke sekolah Muhammadiyah yang lain.
“Manfaatnya kami bisa sharing disini. Sehingga semua SD Muhammadiyah memiliki standar yang sama dan bisa maju bersama-bersama,” kata dia. (imm/sir/jon)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top