Tujuh Sekolah Dipimpin PLT

 
MALANG – Sebanyak enam sekolah dasar dan satu SMP di Kota Malang memiliki kepala sekolah Pelaksana Tugas (PLT). Hal ini dikarenakan telah memasuki masa purna tugas, sementara kepala sekolah yang baru belum dilantik oleh Wali Kota Malang.
“Sistem pengangkatan sudah diajukan, tapi untuk menunggu pelantikannya itu maka tugas kepala sekolah di sana diserahkan pada PLT,” ujar Kabid Fungsional Pendidikan Dinas Pendidikan Kota Malang, Trisnawati.
Enam SD tersebut diantaranya SDN Merjosari 2 yang sekarang dikepalai Winarto Kepala SDN Merjosari 4, SDN Blimbing 1 dengan PLT dari Kepala SDN Pandanwangi 3, SDN Kasin 1 dikepalai oleh Hanik Latifah dari SDN Kauman 3, SDN Jatimulyo 2 dengan kepala sekolah dari SDN Tlogomas 2, SDN Penanggungan dikepalai oleh Anny Saida yang juga kepala SDN Percobaan 1, dan PLT di SDN Pandanwangi 1 yang merangkap kepala di SDN Purwodadi 1, R. Kartini.
Sedangkan SMPN 4 Malang dinahkodai oleh Anny Sulistyowati, kepala SMPN 8 Malang. Sistem ini rata-rata telah berjalan selama kurang lebih satu bulan.
Pengangkatan kepala sekolah yang baru sepertinya masih akan menunggu pemilu, sehingga kemungkinan baru akan dilaksanakan pada tahun 2018 mendatang. Kepala sekolah yang baru ini berasal dari unsur guru yang berpengalaman, yang telah memenuhi berbagai kualifikasi dan tahapan pemilihan kepala sekolah.
Dalam Permendiknas Nomor 13 tahun 2007 tentang Standart Kepala Sekolah/ Madrasah, lima kompetensi yang harus dimiliki diantaranya kompetensi managerial, kompetensi kewirausahaan, supervise, kepribadian, dan sosial.
Penunjukan PLT untuk posisi kepala sekolah ini dilakukan tak sembarangan, yakni dengan mengacu pada beberapa pertimbangan.
“Salah satu pertimbangannya di kemampuannya sebagai kepala sekolah, serta penting juga jarak kedekatan antara dua sekolah tersebut agar memudahkan dalam menangani urusan di keduanya,” imbuhnya. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :