Rotary Ajak Pelajar Bangun Mental Sukses


MALANG –  Ratusan siswa Sekolah Menengah Negeri 1 Malang (SMAN 1 Malang) terlihat antusias menyimak presentasi dari Rotary Youth Exchange Program (RYEP), kemarin. Tidak hanya menyosialisasikan program, pihak Rotary juga menghadirkan duta literasi Rotary untuk bercerita dan berbagi pengalaman selama satu tahun belajar di Amerika Serikat.
Seluruh siswa menyimak dengan seksama cerita dari duta literasi Rotary, Alma Putri Dhiafira. Gadis yang akrab disapa Dhea itu menceritakan, pengalamannya selama satu tahun di AS. Dhea mengungkapkan, kehadirannya di negeri orang bukan saja untuk belajar sekolah formal dan pendidikan non formal saja, namun ia juga belajar pengembangan diri.
“Kalau ke luar negeri belajar budaya itu wajar, tapi kalau kita ke negeri orang untuk tujuan atau misi mengembangkan diri itu menurut saya sangat luar biasa. Saya belajar percaya diri, dan public speaking dari pengalaman ini,” kata mahasiswi Universitas Airlangga itu di depan hadapan para siswa.
Menurut Dhea, seorang pemuda itu harus mempunyai keberanian untuk berbicara di depan orang. Sebab, kesuksesan pemuda yang nantinya akan menjadi pemimpin akan terlahir dari keahlian itu. Dhea, menceritakan awal ia datang ke AS, ia belum mempunyai rasa percaya diri. Tubuhnya yang kecil dibandingkan dengan masyarakat AS, pun semakin membuatnya tidak percaya diri.
Dhea mengatakan, ketika ia kembali ke Indonesia, bekal percaya diri, dan public speaking sudah ia punyai. Dan sekarang, menurut Dhea, ia hanya tinggal mengasahnya, dalam kesehariannya sebagai mahasiswa. Dhea berangkat ke AS pada tahun 2015 dan kembali ke Indonesia pada tahun 2016.
Sementara itu, ketua Korwil Rotary Malang Raya Dani Darmawan, mengharapkan, dari program ini, banyak pemuda Malang, khususnya SMAN 1 yang bisa bersaing di kancah global.
“Yang pasti mereka harus mempunyai mental terlebih dahulu. Mental untuk sukses, mental siap membangun segalanya dari nol di negeri orang,” kata dia. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :