Raih Penghargaan Berkat Tracer Study Online


MALANG - Kepala Urusan Pusat Karir Biro Kemahasiswaan, Pendidikan Karakter dan Kepemimpinan, Universitas Ma Chung Siska S.Psi, berhasil menjadi juara pertama dalam Tenaga Kependidikan Berprestasi yang diadakan Kemenristekdikti beberapa waktu lalu. Program Online Tracer Studi yang dikembangkannya selama dua tahun, berhasil memikat dewan juri.
“Kami membangun sistem online tracer study untuk memangkas jam kerja SDM. Dalam hal ini, sistem akan melakukan kegiatan tracer study dengan efektif, efisien, dan optimal,” jelasnya.
Program tracer studi besutannya tak hanya dapat melacak karir alumni, namun melalui sistem ini, kampus bisa mendapatkan umpan balik dari alumni dan para perusahaan pengguna alumni dengan cepat. Ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas para lulusan Ma Chung.
Sebelum maju ke tingkat Nasional, Siska terlebih dahulu menyabet juara 3 dalam pemilihan Tenaga Kependidikan Berprestasi tingkat Kopertis VII di Jawa Timur. Menurutnya, perubahan dan perkembangan sesuai dengan laju zaman, menjadi salah satu kunci sukses dalam keberhasilan perguruan tinggi.
“Suka tidak suka, kualitas perguruan tinggi dinilai oleh masyarakat dari seberapa baik lulusannya dapat berdampak pada kemajuan masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” imbuhnya.
Untuk itulah, sistem ini dibangun untuk membantu manajemen Universitas Ma Chung dalam peningkatan kualitas lulusan dan umpan balik industri.
Ke depan, dia berharap sistem ini dapat diaplikasikan secara menyulur di semua perguruan tinggi untuk kemajuan pendidikan serta link and match antara dunia pendidikan dan industri. Atas prestasinya, Siska tak hanya menerima sertifikat maupun trofi, namun juga uang pembinaan hingga puluhan juta rupiah.
“Prestasi ini diraih berkat kerja keras semua anggota tim Pusat Karir, bimbingan dari pimpinan universitas, dukungan dari segenap warga Universitas Ma Chung, serta yang paling penting, bimbingan dari Kopertis VII Jawa Timur,” ucapnya. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :