magista scarpe da calcio Pendeteksi Halal Haram UIN Maliki Diminati Jurnalis Arab


Pendeteksi Halal Haram UIN Maliki Diminati Jurnalis Arab

 
MALANG - Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Maliki) kedatangan tamu rombongan jurnalis dari Jeddah, Saudi Arabia kemarin. Para jurnalis dari Jeddah ini akan menjadikan UIN Maliki sebagai ide objek tulisan untuk diberitakan di negeri penghasil minyak bumi terbesar itu. 
Mereka ingin melihat suasana Akademik di UIN. Salah satu hal yang akan dijadikan objek penulisan adalah inovasi-inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa UIN. Para jurnalis dari Arab ingin melihat kualitas akademik UIN maliki. Mereka, disuguhi presentasi inovasi dari mahasiswa. Tiga inovasi ditampilkan di ruang rektor. 
Presentasi pertama adalah tentang nose electric, oleh mahasiswa jurusan Fisika. Alat ini bisa mendeteksi makanan halal dan haram misalnya, mengandung babi atau tidak. Dalam presentasi ini, salah satu jurnalis Arab yang memperkenalkan diri bernama  Roba Abdul Aal terkesan dengan alat itu.
Journalist yang akrab disapa Roba itu ingin membawa pulang alat ini ke negaranya. Ia mengaku, Arab yang seharusnya steril dari makanan haram, seringkali kecolongan. 
"Alat ini harus saya bawa ke negeri saya. Kalau perlu kita presentasi ke pemerintah,"kata dia.
Sementara itu, presentasi kedua dilakukan oleh mahasiswa IT. Inovasi itu adalah pembelajaran untuk pahlawan islam. Sementara mahasiswa Jurusan IT mempresentasikan tentang alat cetak digital yang bisa mencetak robotik.
Konsul muda Pelaksana Fungsi Penerangan Sosial dan Budaya KJRI, Umar Badarsyah mengatakan, ia sengaja memilih UIN sebagai kampus pertama yang dijadikan bahan objek dan pemberitaan oleh para Jurnalis Arab Saudi tersebut.
"Kami sebenarnya memprogramkan pariwisata. Namun, karena kami tahu banyak mahasiswa kami yang berkuliah di sini, jadi kami ingin mengeksplore UIN sebagai bahan tulisan nanti," kata Umar.
Rektor UIN Maliki Prof. Dr. Abdul Haris M.Ag mengharapkan, kunjungan ini idak hanya berhenti sampai di sini saja. (sin/oci)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top