Mahasiswa Asing Belajar Seni Keramik di SMKN 5


 
MALANG - Sebanyak 4 mahasiswa asing asal Polandia dan Ceko belajar seni keramik di SMKN 5 Malang sejak  Senin hingga Jumat, (6-10/11). Selama 5 hari tersebut, 4 mahasiswa asing ini tampak sangat antusias dan tentunya menarik perhatian siswa-siswi SMKN 5 Malang. Hampir seluruh siswa jurusan kriya keramik ikut mendampingi mereka selama belajar. Mahasiswa yang sebelumnya belajar di VEDC ini memang menentukan pilihan belajar keramik karena SMKN 5 Malang merupakan sekolah favorit yang memiliki jurusan keramik.
Belajar seni keramik ini merupakan studi pilihan yang dikehendaki oleh mahasiswa tersebut disamping studi utamanya mendalami bahasa Indonesia di VEDC. 
"Mereka belajar bahasa Indonesia di VEDC Malang untuk penguasaan Bahasa Indonesia. Untuk kegiatan minor mereka memilih belajar keramik di SMKN 5," ujar Icuk Trisetyanto S.Sn selaku kepala bengkel kriya kreatif keramik pada Malang Post, kemarin.
Di SMKN 5 Malang, mahasiswa asing ini memelajari beberapa teknik pembuatan keramik seperti pembuatan dengan tangan langsung, teknik tangan langsung, teknik putar hingga dekorasi. Tentu tak mudah mempelajari teknik tersebut, terbukti selama mempelajarinya, mahasiswa asing ini beberapa kali menemui beberapa kesulitan.
Meski selama belajar menemui kesulitan, namun ternyata mereka tak membutuhkan waktu yang lama, mahasiswa asing ini dinilai sangat cepat memahami ilmu seni keramik yang diajarkan. Di hari keempat saja mereka mampu menciptakan 5 karya keramik seperti vas bunga, mangkok, asbak, tempat lilin hingga topeng.
"Membentuk benda keramik dengan teknik putar mereka menemui kesulitannya, pada waktu Centering, memusatkan tanah ditengah tengah meja putar. Tetapi selama belajar, mereka santun dan mudah akrab dengan siswa, dan Semangat belajarnya juga tinggi. Masing masing mahasiswa sudah dapat 5 karya nantinya dibawa sebagai oleh-oleh dan kenangan," ungkap Icuk.
Melalui kegiatan seperti ini, Icuk berharap nantinya seni kriya keramik yang notabene merupakan salah satu ikon Kota Malang dapat lebih dikenal semakin luas. 
"Di Malang ada sentra industri keramik di Dinoyo, SMKN 5 jurusan keramik ini menjadi rekan pengembangan keramik Kota Malang. Melalui kegiatan ini, harapan saya, sentra industri di kota Malang menjadi kota wisata keramik dan tentu saja SMK 5 akan juga ikut imbasnya," katanya. (yan/sir/oci)

Berita Lainnya :

loading...