magista scarpe da calcio UNIRA Cetak Sarjana Penggerak Masyarakat


UNIRA Cetak Sarjana Penggerak Masyarakat


KEPANJEN - Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Malang bertekad mencetak sarjana-sarjana penggerak perdamaian. Dengan mencetak sarjana-sarjana terbaik, UNIRA berharap bisa menghadapi persaingan di ranah lokal, nasional dan internasional. Hal ini disampaikan Rektor UNIRA, Hasan Abadi, M.AP, Jumat, (10/11).
"Selama ini, UNIRA Malang mendorong mahasiswa-mahasiswa penggerak perubahan, sarjana-sarjana yang menginisiasi perdamaian," ujar Hasan Abadi kepada Malang Post. Lebih lanjut, Hasan Abadi menjelaskan UNIRA memiliki roadmap untuk menjadi kampus berkelas internasional.
"Kami menyiapkan desain kampus berkelas internasional, kampus dengan tradisi riset, entrepreneurship dan basis tradisi ahlussunnah wal jamaah. Kami membangun Kampus II di Palaan, dengan kawasan luas, terdiri dari gedung universitas, rumah sakit, pemukiman terpadu, dan pusat pengembangan bisnis. Sesuai rancangan, Palaan Valley akan menjadi kampus integratif yang nyaman untuk belajar," terang Hasan.
Di sisi lain, Dekan Fakultas Ilmu Keislaman UNIRA, Dr. Saifuddin Malik, M.Pd, mengungkapkan, sarjana-sarjana UNIRA harus berakhlak karimah, visioner dan memiliki spirit khaira ummah. Dengan begitu Fakultas Ilmu Keislaman (FIK) UNIRA Malang mendorong lahirnya sarjana-sarjana unggulan yang kompeten dengan keilmuannya, sekaligus mampu menjadi penggerak masyarakat.
“Kami ingin, lulusan UNIRA Malang bermanfaat untuk masyarakatnya, khairunnas anfa'uhum linnas. Menjadi bermanfaat berarti mampu menjadi inisiator perubahan lingkungannya, ke arah yang lebih baik. Inilah pentingnya lulusan FIK UNIRA berproses di kampus dan berinteraksi dengan publik yang luas," ungkap Saifuddin.
Pada wisuda tahun ini, UNIRA mewisuda137 mahasiswa dari Fakultas Ilmu Keislaman. Wisudawan terbaik, yakni: Arizka Choirun Nisa (PGMI, IPK 3,67), Ahmad Wildan Afif (PAI, IPK 3,61), dan Devinda Rahmasari (Ekonomi Syariah, IPK 3,60). Para wisudawan-wisudawati telah berproses dalam pembelajaran di UNIRA dengan desain ilmu-ilmu yang kontekstual dengan tantangan zaman.
Di sisi lain, UNIRA juga berkeinginan mencetak SDM dengan kualitas personal dan memiliki kesungguhan dalam pengabdian sehari-hari mahasiswanya di lingkungan sosial. Selain itu pentingnya kualitas sumberdaya dan dedikasi merupakan pegangan penting menghadapi tantangan global saat ini.
Di ranah global, UNIRA juga menginisiasi dan menjaga perdamaian dunia. Maka dari itu, program peace-promotion dan inisiasi perdamaian sudah tepat dilakukan dan bisa menjadi contoh. Saat ini, UNIRA juga telah menjalin kerjasama dengan kampus-kampus di beberapa Negara. Mulai  dari Amerika Serikat, China, Ceko, Thailand, Malaysia, dan Timor Leste. UNIRA juga membuka Program Pascasarjana Peace Promotion, untuk S2. (eri/sir/lim)

Berita Lainnya :