Poltekom Siapkan Tenaga Terampil Industri Wisata


MALANG – Program studi D4 Destinasi Pariwisata akan menjadi program studi baru di Politeknik Kota Malang. Program ini sebagai jawaban dari Poltekom pada program pemerintah Jowoki untuk menggalakan sektor pembangunan di empat bidang, salah satunya pertanian dan pariwisata.
Wakil Direktur I Poltekom, Dr. Jatmiko Setiaji, MM., sebenarnya pihaknya mengajukan tiga program studi baru, yakni D4 Teknik Sipil, D4 Managemen Agroindustri, dan D4 Destinasi Pariwisata. Semuanya dilatarbelakangi oleh potensi yang dimiliki Malang Raya.
“Pembangunan infrastruktur terus melaju, membutuhkan tenaga handal di bidang teknik sipil. Malang raya juga memiliki potensi pertanian yang bagus. Beberapa perguruan tinggi sudah memiliki fakultas pertanian, tapi yang vokasi sepertinya belum,” ujarnya.
Namun, dari tiga prodi yang diajukan, hanya satu program studi yang mendapatkan persetujuan dari pemerintah, yakni D3 Destinasi Pariwisata. Program ini dibuka atas peluang Malang Raya sebagai salah satu tujuan wisata, salah satunya destinasi Bromo Tengger Semeru yang menjadi salah satu destinasi wisata nasional.
“Hanya tinggal menunggu SK turun dari Dirjen Vokasi,” sambungnya.
Untuk itu, pihaknya telah giat mensosialisasikan program studi baru ini kepada beberapa pihak, diantaranya tempat wisata Kampung Coklat di Blitar yang telah menaruh perhatian pada Poltekom, mengingat masih banyak pekerja mereka yang lulusan SMA.
Nantinya, D4 Destinasi Pariwisata Poltekom memiliki kekhasan sendiri, yakni mengarah pada pemanfaatan unsur teknologi informasi.
“Karena kami sudah punya program studi teknik informatika maka akan kami arahkan pada smart destinasi,” imbuhnya.
Di tahun pertama pembukaan kelas, Poltekom mengupayakan terpenuhi kuota hingga dua kelas. Tenaga pengajar juga telah disiapkan. (ras/oci)

Berita Lainnya :