AKBID WHN Gandeng Alice International College Jepang


MALANG - Akademi Kebidanan (AKBID) Wira Husada Nusantara (WHN) membuka peluang studi lanjut bagi mahasiswanya ke negara Jepang. Lulusan D4 WHN, memiliki peluang untuk meraih gelar S2 di Jepang.
“Saat ini banyak dibutuhkan Bidan bergelar S2, karena itulah kami membuka wawasan mahasiswa agar bisa studi lanjut ke luar negeri,” ungkap Wakil Direktur 1 Akbid WHN Sayuti S.Pd., S.ST.,M.Kes.
Saat ini, lanjutnya, WHN sudah menjalin kerja sama dengan institusi di Jepang, Alice International College. Bahkan, sudah ada agenda rutin kuliah tamu yang digelar enam bulan sekali. Informasi yang diberikan dalam kegiatan tersebut seperti bagaimana mekanisme studi lanjut, syarat, proses dan informasi lowongan kerja di Jepang. Kegiatan ini diikuti seluruh mahasiswa Akbid WHN dengan harapan bisa meningkatkan kualitas mereka.
Wanita ramah ini menuturkan, jalinan kerja sama dengan luar negeri dirancang WHN dalam rangka peningkatan kualitas lulusannya. Sementara untuk SDM dosen, WHN juga gencar mengirimkan studi lanjut hingga luar negeri. Diantaranya ada dosen yang sedang studi lanjut di Inggris.
“Demi mengejar kualitas, kami terus memperbanyak jumlah magister kesehatan dan magister kebidanan. Terutama magister kebidanan yang terus kami kejar kuantitasnya,” tegasnya.
Karena komitmen terhadap kualitas itulah, mahasiswa WHN berhasil lulus 99 persen dalam uji kompetensi kebidanan. Selain itu, banyak juga alumni yang kini berkiprah di berbagai lini, mulai dari Puskesmas, Bidan Praktik Swasta (BPS), hingga rumah sakit. Bahkan, ada fresh graduate dari Akbid WHN yang langsung diterima di Kementerian Kesehatan.
“Meski Akbid WHN adalah kampus swasta, tapi kami berhasil membuktikan bahwa kualitas tak diragukan,” urainya.
Selain itu, WHN juga sedang serius membekali mahasiswa dengan jiwa entrepreneur. Beberapa unit usaha yang kini dijalankan sebagai media belajar mahasiswa adalah Brownies dan beras organik. Keberadaan beras organik yang diproduksi WHN ini menurutnya juga menjadi upaya edukasi masyarakat terhadap gaya hidup sehat.
“Mahasiswa juga diberitanggungjawab untuk mengedukasi masyarakat menjadi sehat dan menyukseskan program Indonesia sehat,” pungkasnya.
Untuk mendukung program Indonesia Sehat, dalam waktu dekat, WHN akan menggelar seminar Bidan Peduli Diabetes. Penyakit ini menurutnya sedang tren dan diharapkan risiko kepada ibu dan anak bisa diturunkan jumlahnya. (oci/red)

Berita Terkait

Berita Lainnya :