magista scarpe da calcio Siapkan PPDB, Rombel Sesuai Ketentuan


Siapkan PPDB, Rombel Sesuai Ketentuan


 
MALANG - Semua kepala sekolah negeri di Kota Malang diingatkan agar mulai siapkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sejak sekarang. Persiapannya harus mengacu pada Permendikbud No 17 tahun 2017 tentang peraturan batas maksimal jumlah siswa dan rombongan belajar (rombel). Sehingga siswa yang diterima tetap sesuai jumlah rombel yang ditetapkan. 
“PPDB tahun ajaran 2017/2018 sudah mengatur batas maksimal per kelas yang bisa diterima sekolah negeri. Atas aturan ini, sekolah negeri tidak serakah dengan menerima sebanyak-banyaknya siswa baru. Namun, pada kenyataannya masih banyak sekolah swasta yang masih kekurangan siswa,” Kadis Pendidikan Kota Malang, Dra Zubaidah MM. 
Oleh sebab itu, Zubaidah meminta kepada sekolah negeri untuk tetap berkomitmen dan konsisten agar bisa membantu sekolah swasta pada PPDB mendatang. Sehingga tetap mendapat  siswa baru.
Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Swasta (MKKS) Idham Chalid mengatakan, walaupun hal ini angin segar bagi swasta, tapi pihaknya meminta sekolah negeri komitmen mematuhi aturan yang berlaku.
“Karena kami di swasta butuh pemerataan, tidak semua diambil negeri," kata Idham. 
Ia mengatakan, aturan yang ditetapkan oleh negeri tidak bisa semuanya disamaratakan dengan sekolah swasta.  Khususnya di sekolah swasta, jumlah siswa mempengaruhi operasional sekolah. Semakin sedikit siswa, maka biaya yang dibebankan kepada siswa akan lebih besar. 
Berbeda di negeri yang biaya operasionalnya ditanggung oleh pemerintah. Ia menjelaskan sesungguhnya, jumlah maksimal per rombel yang ditetapkan untuk swasta belum menutupi biaya operasional sekolah.
“Misalnya, dengan 54 siswa, baru operasional sekolah bisa mencukupi dan berjalan dengan baik,” katanya.
Dalam aturanPermendikbud No 17 tahun 2017, ditetapkan, untuk jenjang SMP, paling sedikit 20 siswa, dan paling banyak 32 siswa per rombel. SMA, siswa minimal 20 dan maksimal 36 . Sementara untuk jenjang SMK, batas minimal adalah 15 dan maksimal 36 per rombel. (sin/van)

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top