Spelling Bee EF Dorong Siswa Hadapi Persaingan Global


MALANG – English First Indonesia (EF) Malang, yang berlokasi di Jalan Simpang Balapan mengadakan kegiatan tahunan Spelling Bee, Minggu (19/11). Spelling Bee adalah ejaan kata yang diadakan bertujuan menggali potensi berbahasa Inggris dasar siswa.
Kegitan ini bertujuan menumbuhkan dan mendorong kepercayaan diri anak-anak Indonesia dalam penguasaan bahasa Inggris sebagai bahasa resmi internasional. Berbeda dengan tahun lalu, tahun ini, yang berkompetisi juga berasal dari siswa yang tidak kursus di EF.
Kompetisi ini ditujukan untuk umum, yakni pelajar tingkat dasar dan menengah pertama di Indonesia yang dibagi menjadi tiga kategori: kategori A untuk pelajar Sekolah Dasar kelas 1 - kelas 3, kategori B untuk pelajar Sekolah Dasar kelas 4 - kelas 6, dan kategori C untuk pelajar Sekolah Menengah Pertama kelas 1 - kelas 3.
Salah satu siswa yang mendaftar, Razzaqi Hatmawira Kategori C, dari SMP 5  kelas 8 mengatakan, ia baru kali pertama mengikuti ajang ini dan sangat antusias. Ia menunjukkan antusiasnya dengan belajar spelling kata didepan pintu. Beruntung ia berhasil lolos ke babak final. “Saya baru kali pertama mengikuti ini, saya senang sebab ternyata bisa lolos sampai final,” kata dia.
Razzaqi berharap, ia bisa memberikan yang terbaik untuk sekolahnya. Ia berharap bisa lolos hingga final. Persiapan yang ia lakukan cukup banyak. Ia dibantu ayahnya belajar mengeja kata-kata dengan nada dan intonasi yang benar. “Ayah saya sangat bersemangat. Ia membantu saya untuk mengeja kata demi kata,” bebernya.
Robby Aditya, Centre Director EF Malang, mengatakan, dari segi teknis perlombaan, pada babak penyisihan peserta diwajibkan menuliskan ejaan yang benar dari kata-kata yang diucapkan oleh presenter. Kemudian, setelah lolos dari babak penyisihan, peserta akan dihadapkan pada tes mengeja secara verbal dalam babak semi final dan babak final.
Ajang tahunan ini diharapkan mampu mendorong pelajar sekolah dasar dan menengah di Indonesia dalam mempersiapkan diri menuju persaingan global di masa kini dan mendatang, dimana kemampuan berbahasa Inggris yang baik dinilai sangat menentukan.
Robby mengatakan, siswa yang berhasil lolos ke final, harus mempunyai bekal percaya diri. Mereka harus punya kemampuan mengeja dengan baik. Mereka harus tmpil percaya diri ketika didepan panggung.
Karena itu, kami mengajak siswa - siswi di Malang Raya untuk berpartisipasi dalam ajang kompetisi bahasa Inggris bergengsi ini, yang diadakan di lebih dari 30 kota besar di Indonesia.
Setiap siswa yang mendaftarkan diri dalam Spelling Bee 2017 di EF Malang dan sekolah-sekolah yang ditunjuk juga berhak mendapatkan voucher diskon sampai dengan Rp 300.000, sertifikat peserta Spelling Bee yang diakui secara nasional, dan merchandise. (sin/udi)

Berita Terkait

Berita Lainnya :