Rektor UB Buka Creamonic 2017


MALANG – Ajang pameran produk inovasi dan ekonomi kreatif CREAMONIC 2017 Program Pendidikan Vokasi Universitas Brawijaya dibuka, (20/11). Berlangsung meriah di Samantha Krida, acara juga diramaikan talkshow inspiratif dari praktisi maupun alumni di berbagai bidang pendidikan Vokasi, serta lomba-lomba untuk siswa tingkat SMA.
Rektor UB Prof. Dr. Ir. Mohammad Bisri, M.S dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kreativitas mahasiswa vokasi.
“Saya sangat senang, karena ternyata mahasiswa vokasi memiliki kreativitas yang tinggi, salah satunya yang telah dipamerkan dalam stand-stand di acara ini. Semoga terus bisa berkembang dan maju sesuai dengan pesan presiden, yang mendorong vokasi untuk lebih dekat lagi dengan industri,” ujarnya.
Bisri juga berharap, Program Pendidikan Vokasi UB mampu membuka lebih banyak minat dan lebih fleksibel terhadap kebutuhan industri.
“Untuk itu, kurikulum harus diselaraskan dengan yang industri butuhkan. Minat dalam tiap-tiap jurusan juga harus lebih diperbanyak,” ungkapnya.
Dalam kesempatan tersebut, rektor melakukan diskusi sederhana dengan para pelaku dunia industri. Seusai memberikan sambutan, rektor juga menyempatkan diri untuk berkeliling ke stand pameran, melihat berbagai kreativitas yang disuguhkan mahasiswa Program Pendidikan Vokasi UB.
Salah satunya, rektor mencoba kursi hasil karya mahasiswa bidang keahlian design interior yang dipajang dalam pameran, juga mampir ke vo café, café yang menjadi lahan praktik mahasiswa perhotelan. Vo café menyuguhkan makanan khas baik menu western maupun menu nusantara. Jumlah transaksi di Vo café ini selalu menjadi yang paling unggul dibandingkan dengan stand makanan lain, dalam setiap kali pameran.
Tak hanya dari mahasiswa, Creanomic memberikan ruang bagi kreativitas siswa SMK di Malang Raya  melalui pameran produk unggulan mereka, salah satunya SMKN 5 Malang yang mengusung kriya keramik dan kriya tekstil. Juga, pameran tayangan animasi di stand SMKN 4 Malang yang juga tak luput dari perhatian rektor.
Dalam acara tersebut, hadir sebagai pemateri workshop yakni Vice President of Marketing Communication BCA, Duardi Prihandika. Di hadapan banyak peserta yang hadir memenuhi gedung Samantha Krida, dia menjelaskan suatu produk harus dapat hidup dengan teknologi marketing saat ini. Selain itu, data juga tak kalah penting.
“Penjual tak boleh lupa membuat review misalnya jumlah pembeli dalam satu hari, dan mengapa pada hari tertentu, penjualan meningkat,” paparnya. Dia juga mengatakan kepada para peserta untuk tidak takut gagal dalam memulai usaha, karena setiap orang sukses pasti selalu melewati kegagalan terlebih dahulu.
Berlangsung hingga hari ini, Creanomic juga menjadi ajang kreativitas siswa SMA/SMK untuk unjuk kebolehan melalui lomba akustik band, video pendek, fotografi, dan doodle art. (ras/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :