STIKI Malang Ajari UMKM Go Online


MALANG - Sebanyak 300 pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) Malang Raya mengikuti pelatihan di STIKI Malang. Kegiatan dalam rangka realisasi target 8 juta domain UMKM ini merupakan program pemerintah. Dimana dalam program ini, Jokowi meminta para pelaku usaha tidak sekedar berjualan manual, tapi secara virtual untuk meningkatkan pendapatan mereka. Sosialisasi ini dilakukan di 8 kota di Indonesia, salah satunya di STIKI Malang yang menjadi fasilitator dalam pelatihan delapan juta domain UMKM Go online.
Setiabudi Sakaria M,Kom, ketua pelenggara workshop mengatakan, STIKI Malang dalam program 8 juta domain adalah memberikan pelatihan kepada para pelaku UMKM untuk membuat website  dan bisa request nama sesuai yang diinginkan.
“Melalui pelatihan ini, pelaku usaha dapat memiliki domain dan posting sendiri dan menjual produknya,” jelasnya
Sementara itu, dalam ini, pihak STIKI juga menggandeng Shopee sebagai marketplace online dengan memberikan membelajaran membuat wibsite dan cara memasarkan produknya melalui akun yang mereka miliki.
“Kami sangat bersyukur dengan ketelatenan tim dari STIKI untuk memberikan pendampingan dalam mengajari pelaku UKM yang rata-rata kaum hawa dalam pelatihan ini,” ungkap Setiabudi kepada Malang Post.
Staf Direktorat Pemberdayaan Informatika Mauren Mahbub menambahkan, zaman yang serba modern ini, UMKM harus Go Online agar lebih mudah dan cepat dalam mencapai target penjualannya.
”Melalui program ini diharapkan dapat memasang fotografi produk dan menjualnya di toko online,” imbuhnya.
Kegiatan ini juga dilakukan di enam kota yang ada di Indonesia yaitu Malang, Batam, Bandung, Solo, Kulon progo dan Lombok timur.
“Target delapan juta domain ini diharapkan selesai dan sesuai dengan target yang diharapkan pada 2020 mendatang,” tandasnya.
Dalam kegiatan worksop ini, peserta dapat website secara gratis dan bagaimana membuat tampilan semenarik mungkin dan agar penjualan prudok yang mereka miliki dapat terjual dengan cepat. (san/sir/oci)

Berita Lainnya :