SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Menuju Adiwiyata 2017


MALANG - ADIWIYATA adalah salah satu program Kementerian Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah dapat ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat dan menghindarkan dampak lingkungan yang negatif.
Seperti halnya SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Kota Malang yang terletak di kawasan jalan Husni Tamrin No 15 Malang ini, telah melakukan berbagai persiapan.
Deddy Trisna Manunggal S.Pd., Koordinator Adiwiyata  SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3  menuturkan, sekolahnya telah mempersiapkan 33 unsur yang telah ditetapkan sebagai syarat untuk mengikuti lomba Adiwiyata.
“Bermula dari keikutsertaan kami dalam lomba Green School tingkat kota, dan mendapat masukan dari tim penilaiannya bahwa sekolah kami layak untuk mengikuti  Adiwiyata. Maka akhirnya kami putuskan untuk ikut Adiwiyata tahun ini,” ujar Deddy.
Menurut Deddy, sekolah juga telah  membentuk 12 pokja yang akan mendukung kegiatan ini. Keberadaan pokja diharapkan bisa membantu mewujudkan standar sekolah Adiwiyata.
Beberapa program yang dilakukan seperti memaksimalkan lahan sekolah untuk penghijauan. Dengan lahan yang terbatas, sekolah berupaya menghadirkan taman yang memadai. Karena itu, dipilih metode vertical garden. Dengan memakai wadah bahan daur ulang  seperti botol maupun gelasan kemasan sehingga  membentuk  vertical garden. Berbagai jenis tanaman dibudidayakan di sekolah ini seperti  tanaman toga, tanaman polutan (penangkal Pulosi ), sansevera dan tanaman lainnya. Sekolah juga menyiapkan rumah sakit tanaman, jika ada yang terserang  hama atau penyakit maka akan cepat ditangani.
Program lainnya yang diagendakan sekolah yang mempunyai 140 siswa ini mengimbau siswanya untuk membawa satu tanaman beras kutah. Tak hanya itu, bahkan sekolah juga telah mampu memproduksi minuman kesehatan yang disebut minuman aserehe perpaduan jahe dan sereh.
Ada sebuah tanaman yang akan menjadi  unggulan  dalam Adiwiyata 2017 nanti. Yakni tanaman polutan penangkal polusi. Tanaman ini akan dijadikan ikon sekolah nantinya. Selain itu ada beberapa produk unggulan hasil karya siswa SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 yang kesemuanya terbuat dari tanaman maupun daur ulang.
Program aksi diagendakan melalui kegiatan Jumat beriman ( bersih, indah dan aman ). Agenda kerja bakti selesai salat Jumat diwajibkan untuk merawat tanaman yang dibawanya selama 30 menit.
Sementara itu kepala SMP Aisyiyah Muhammadiyah 3 Malang Endang Setyowati S.Pd mengaku sangat mendukung keikutsertaan sekolah dalam program Adiwiyata. Apalagi sebelumnya sekolah ini  sudah berpartisipasi dalam kegiatan green school. Ia juga merasa bangga sekolahnya ditunjuk untuk mengikuti Adiwiyata tingkat kota dan provinsi.
“ Untuk kali pertama sekolah kami mengikuti kegiatan Adiwiyata, semoga dapat melaksanakannya dengan baik. Sehingga kamipun masih perlu banyak belajar,’’ pungkasnya. (ian/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...