magista scarpe da calcio Lamar Kerja Dapat Kartu Kuning


Lamar Kerja Dapat Kartu Kuning


MALANG – Sebanyak 1.000 lowongan pekerjaan dari berbagai sektor tersedia dalam Job Market Fair Universitas Merdeka, bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Malang. Job Market Fair terlaksana mulai kemarin (22/11) dan berlangsung selama dua hari sampai dengan hari ini, di Balai Merdeka Unmer Malang.
Wakil Rektor III Unmer, Sunarjo, SH., M.Hum menyampaikan, ini kali kedua pelaksanana job fair Unmer bekerja sama dengan Disnaker Kota Malang. Diharapkan, agenda seperti ini dapat terus berjalan untuk menjembatani perusahaan dengan pencari kerja.
“Tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa Unmer saja, namun siapapun yang merasa cocok dengan bidang yang tersedia, silahkan melamar,” ujarnya.
Di Unmer sendiri, keterserapan kerja bagi mahasiswa jurusan eksak dan non eksak sudah seimbang, dengan masa tunggu pekerjaan pertama antara tiga hingga enam bulan. Tak jarang, banyak mahasiswa yang telah diterima bekerja sebelum wisuda, terutama oleh perusahaan tempat magang.
“Contohnya mahasiswa dari kelas internasional, sudah banyak perusahaan yang meminta,” pungkasnya.
Meski digembleng dengan skill serta pelatihan oleh Pusat Karir Unmer untuk mempersiapkan lamaran pekerjaan, namun mahasiswa juga disiapkan untuk menjadi enterpreneuer. Disampaikan oleh Sunarjo, sebanyak 70 persen advokat di Malang Raya merupakan lulusan Unmer.
“Dari dulu Unmer memang telah mengarah pada pembekalan entrepreneur untuk mahasiswa, salah satunya melalui UKM wirausaha yang digembleng di bawah LPPM. Pada LPPM sendiri memiliki daerah binaan, dari situlah UKM wirausaha ikut membantu dan bekerja sama dalam pemberdayaan masyarakatnya,” sambungnya.
Berbagai bidang ditawarkanpada Job Market Fair kemarin, diantaranya bidang perbankan, edukasi, dan jasa. Dalam Job Market Fair itu juga terdapat layanan penerbitan kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja.
“Bagi yang menyerahkan lamaran pekerjaan di perusahaan pada job market fair ini, bisa langsung meminta untuk diterbitkan kartu kuning. Oleh karena itu, kesempatan ini jangan disia-siakan,” kata M. Sidik, ST., Kabid Pelatihan Disnaker Kota Malang.
Syarat penerbitan Kartu Kuning tidaklah sulit. Pelamar hanya cukup membawa foto copy ijazah terakhir, e-KTP, pas foto atau sertifikat pelatihan.
“Kartu kuning bisa langsung jadi dalam waktu lima sampai sepuluh menit, bisa ditunggu untuk fotokopi dan legalisir, lalu dilampirkan dalam berkas lamaran,” imbuhnya. (ras/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top