Materi Pembelajaran UN Harus Selesai Tepat Waktu

 
MALANG – Jelang Ujian Nasional (UN) yang tinggal beberapa bulan lagi, Dewan Pendidikan Kota Malang mengingatkan kepada kepala sekolah untuk SD dan SMP untuk segera menyelesaikan materi pembelajaran. Targetnya untuk SD, materi harus diselesaikan di kelas 5, dan SMP harus diselesaikan di semester 5.
Wakil Dewan Pendidikan Kota Malang Mistaram, P.hD menyampaikan, sebagai guru dan juga sebagai orangtua tetap akan memberi dorongan kepada siswa agar memperoleh hasil yang memuaskan.
“Hasil UN yang baik, seperti memegang tiket untuk memasuki sekolah yang dianggap favorit,” kata Mistaram kepada Malang Post, kemarin.
Dijelaskannya, guru atau siswa tidak perlu ngebut untuk menghabiskan materi, tapi relatif konstan naik dan bisa menyelesaikan sesuai target. Sejak awal siswa diberi dorongan untuk berjalan lebih cepat dalam mengejar target UN. 2-3 hari menjelang pelaksanaan UN, siswa harus berhenti untuk belajar.
“Kalau harus membuka-buka catatan, bukalah catatan-catatan ringkasan, atau mengingat lagi trik cara menjawab cepat,” terang pakar pendidikan itu.
Ia meminta sekolah mendampingi siswa dalam proses menempuh ujian nasional. Dimulai dari rapat bersama komite dan orangtua, bimbingan belajar (les), sampai doa bersama. Karena penggarapan lebih ke ranah manajemen, maka bisa saya katakan bahwa sekolah telah mempersiapkan dengan baik.
Hal ini dilakukan sejak siswa kelas IX masuk semester genap. Karena semua materi kelas IX telah diselesaikan pada waktu semester ganjil. Pemadatan pemberian materi dimaksudkan agar ada sisa waktu satu semester untuk mengulang.
“Kesalahan yang kami alami selama ini adalah pembagian waktu dan usaha yang dilakukan tidak  proporsional,” lanjutnya.
Ini terbukti saat mendekati UN siswa sudah loyo. Ini terlihat, saat anak diberi sejumlah soal, anak sudah tidak bergairah lagi mengerjakan.
“Mereka pasrah, dan akan memaksa guru untuk langsung membahas. Itu tandanya anak sudah tidak memiliki minat untuk berfikir,” pungkasnya (sin/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...