Budayakan Literasi Media, Ajak Siswa Baca Malang Post

 
MALANG – SMPK Cor Jesu Malang membiasakan para siswa didiknya untuk melakukan literasi media. Seperti yang dilakukan Selasa (21/11) kemarin, jam 14.00 wib seluruh siswa SMPK Cor Jesu secara serentak membaca koran Malang Post. Kegiatan yang dilaksanakan selama 30 menit ini, dalam rangka memperkuat semangat literasi siswa. 
Seluruh siswa mulai kelas 7 hingga 9, tampak serius membaca dan mencermati  setiap berita yang ada di setiap halaman Malang Post. Literasi media ini dilaksanakan di setiap kelas, usai kegiatan belajar mengajar. Waka Humas SMPK Cor Jesu Veronica Endah, S.Pd  mengatakan, program literasi dilaksanakan mulai dua tahun yang lalu. Lebih intens dilakukan  sejak awal tahun ajaran baru. 
"Kali ini literasi anak-anak menggunakan koran Malang Post, agar tidak bosan dan memperluas wawasan informasi mereka," ujar Veronica Endah, S.Pd.
Biasanya kata Eni panggilan akrabnya, literatur yang digunakan berupa buku bacaan. Selain dibaca siswa juga mendiskripsikan kembali dalam bentuk resensi dan sebagainya. "Jadi tak hanya membaca, mereka juga dilatih untuk dapat mengulas kembali apa yang mereka baca dalam bentuk tulisan," terangnya.
Kegiatan literasi dilaksanakan setiap Selasa dan Kamis.  Selain membaca, literasi juga dilakukan siswa dengan cara membuat bermacam poster, lengkap dengan karikatur dan narasinya. Mereka juga membuat pantun dan puisi sesuai dengan tema yang ditentukan guru setiap pekannya.
Tema yang pernah diangkat antara lain tentang lingkungan, pola hidup sehat dan jenis makanan yang menyehatkan. Seluruh karya siswa ini dipajang di kelas masing-masing, baik di dalam maupun di luar kelas.
Eni menambahkan, pada awalnya siswa merasa keberatan dengan adanya program literasi. Pasalnya, waktu tugas belajar mereka sudah cukup padat di sekolah. Belum lagi ada tugas tambahan dari guru.
"Namun setelah dicoba beberapa bulan, akhirnya siswa mulai terbiasa dan dapat menjalankannya dengan lancar tanpa beban," katanya. 
"Mereka juga mulai tekun membaca dan menulis karya. Meskipun awalnya sederhana tapi lambat laun karya mereka semakin bagus," sambung Ani. 
Kepala SMPK Cor Jesu, Dra. Juliana Herman Suprihatin menjelaskan, literasi perlu untuk ditingkatkan.  Dengan banyak membaca dan menulis, pengetahuan siswa SMPK Cor Jesu semakin bertambah. Dan wawasan mereka semakin luas dengan terus mengakses informasi baik dari buku, internet maupun surat kabar.
"Literasi ini sangat bagus untuk ditingkatkan, agar anak-anak semakin pandai dan tidak ketinggalan informasi," ucapnya. (imm/sir/aim)

Berita Terkait

Berita Lainnya :