UMM Perluas Kemitraan Konsorsium Uni Eropa


MALANG - Kesempatan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih beasiswa Eropa kian luas. Setelah sukses bermitra dengan konsorsium Uni Eropa Erasmus+ sejak 2009, UMM berhasil mendapatkan tujuh kerja sama konsorsium dari tujuh perguruan tinggi di Eropa pada 2017.
Secara rinci ada empat perguruan tinggi Eropa baru yang bekerjasama dengan UMM, yakni Universidade do Minho Portugal, Politehnica University of Timisoara Romania, University of Opole Polandia dan WSB University in Poznan Polandia. Selain itu ada tiga perguruan tinggi yang memperbaharui kerja sama konsorsiumnya yakni University of Murcia Spanyol, University of Latvia dan Lublin University of Technology Polandia.
Melalui program-program ini, mahasiswa, dosen maupun staf UMM berkesempatan mengikuti program pertukaran di berbagai kampus di Eropa.
Asisten Rektor Bidang Kerjasama Luar Negeri UMM, Soeparto, menegaskan bahwa tujuh kerjasama konsorsium yang diperoleh UMM ini sangat membanggakan.
“Ini sudah melampaui target,” ujarnya dirilis Humas UMM.
Semula, target awal UMM adalah lima proposal yang diterima dari sepuluh proposal yang diajukan, namun nyatanya ada tujuh proposal konsorsium yang diterima.
“Kini UMM sudah memiliki total sepuluh konsorsium pada program Erasmus+. Dan untuk tahun depan, kami akan mengirim 15 proposal kerja sama konsorsium Erasmus+ untuk lebih memperluas kerja sama internasional UMM, khususnya di Eropa,” jelasnya.
Selain itu, tambah Soeparto, di Jawa Timur UMM bisa disebut sebagai ahlinya. Karena sampai saat ini di wilayah Jawa Timur, jumlah alumni Erasmus Mundus dan Erasmus+ UMM merupakan yang terbanyak dibandingkan seluruh universitas swasta maupun negeri. Secara rinci UMM sudah mengirim 10 orang staf, 19 dosen dan 56 mahasiswa untuk mengikuti pelatihan, mengajar, melakukan penelitian maupun yang berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Eropa lewat program ini. (oci/sir)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...