Bekali Aktivis Organisasi dengan Jiwa Kepemimpinan



MALANG - Dinamika gerakan mahasiswa dari masa ke masa adakalanya pasang surut maupun naik turun, akan tetapi selalu memiliki ciri-ciri utama. Demikian diungkapkan mantan wakil ketua MPR RI Hajriyanto Y. Thohari MA. dihadapan 254 peserta fungsionaris lembaga intra Universitas Muhammadiyah Malang dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM), yang diselenggarakan selama tiga hari (25-27/11).
Lebih lanjut Thohari menandaskan, gerakan mahasiswa harus mencerminkan empat ciri utama yaitu, pertama gerakan mahasiswa harus selalu mencerminkan moral dan bukan gerakan politik.
Kedua, independen dan mandiri tidak boleh diprovokasi oleh orang luar tapi berdasarkan hati nurani yang berbicara. Ketiga, gerakan mahasiswa merupakan gerakan perubahan (agent of change) dan yang keempat gerakan mahasiswa berdasarkan  amanat penderitaan rakyat.
LKMM yang diselenggarakan setiap tahun untuk kali ini ada yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, yaitu selama kegiatan peserta diinapkan di rusunawa. Selain Hajriyanto, hadir tokoh-tokoh bangsa dan persyarikatan diantaranya Prof. H.A. Malik Fadjar yang juga pernah menjabat sebagai menteri agama dan Mendikbud, yang juga anggota dewan pertimbangan presiden.
Hadir pula Fauzan Rektor UMM, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur  Nur Cholis Huda, staf khusus Kemendikbud RI Nasrullah, dan konsultan media Anwar Hudijono. Pada kesempatan itu, Malik Fadjar banyak memberikan dorongan dan memotivasi kepada peserta untuk menjadi orang yang bisa berguna bagi bangsa.
“Mahasiswa itu harus bisa membaca situasi dan dinamisme situasi sosial dalam hidup berbangsa dan bernegara,” tandas Malik.
Sementara itu, di hari ketiga Anwar Hudijono memberikan materi branding organisasi dimana sebuah organisasi harus memiliki brand untuk memperkokoh eksistensi. Sehingga brand sangat diperlukan dalam berorganisasi.
Pada kegiatan LKMM ini peserta tidak hanya dibekali di dalam kelas, akan tetapi juga outbond yang bertempat di stadion UMM dengan beberapa permainan  yang dipandu langsung oleh tim psikologi UMM. 
Para peserta diajak untuk selalu memiliki motivasi dan kerja sama tim sehingga terbentuk keterampilan mahasiswa dalam mengelola suatu organisasi baik secara individu maupun berkelompok.
Nadia Mar’atu Sholihah, mahasiswa S1 Keperawatan yang merupakan salah satu peserta LKMM mengungkapkan bahwa dengan mengikuti kegiatan ini bisa memberikan wawasan yang luas dan mendalam sehingga membuka pikiran untuk lebih bersemangat dalam berorganisasi.
Harapannya dengan selesainya kegiatan ini semua peserta akan lebih bersemangat dan produktif dalam berorganisasi agar bisa memberikan sumbangsih bagi bangsa dan negara. (oci/sir)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...