Negeri Minded, Satu Peserta Daftar di Lima PTN

MALANG – Tes jalur mandiri UM hari kedua digelar kemarin. Dwi Yuni Anggaris, salah satu peserta ujian mandiri UM justru berharap ia bisa diterima di UB.
“Karena di UB tidak menggunakan tes, jadi saya ikut tes yang di UM sebagai cadangan. Saya berharap bisa masuk ke UB, di UM memang karena pilihan orang tua saja,” kata Dwi.

Ia memilih jurusan Pendidikan Biologi di UM dan Jurusan Hukum di UB. Untuk perguruan tinggi lainnya, ia mengaku juga memilih beberapa PTN diantaranya, Unair, Unesa, dan Trunojoyo.
“Karena sangat menarget negeri, jadi saya memilih beberapa. Tapi tetap ada prioritas pilihan,” katanya.
Setelah mengerjakan soal ujian, ia optimis, namun tetap penilaian berdasarkan sistem nantinya yang menentukan.
“Seandainya saya tidak lolos di UB,  saya akan mengikuti lagi seleksi SBMPTN tahun depan, dan masih mengejar pilihan pertamanya,” ungkapnya.

Qonita Qurota Ayun yang juga termasuk peserta ujian mandiri memilih Pendidikan Fisika. Alumni SMKN 3 Madiun ini memilih UM sebagai pilihan kedua karena ia sebetulnya belum berminat dalam bidang pendidikan.
“Saya melihat prospek kerja saja dan  orang tua. Pilihan pertama saya pilih Universitas Trunojoyo ilmu murninya,” ungkap dia.
Selain di UM dan Trunojoyo, ia juga mengikuti tes jalur mandiri di IAIN Ponorogo.
Ketua Informasi dan Publikasi UM Dra Aminarti Sri Wahyuni mengatakan, pada pendaftaran SBMPTN sebelumnya, dari 14982 peminat di UM, hanya 5684 yang benar-benar ingin berkuliah di UM. Peminat adalah mereka yang memilih UM sebagai cadangan alias pilihan kedua pada jalur SBMPTN. Tahun ini, peminat di UM meningkat 2000 dari tahun lalu berjumlah 12.830.
“Peminat adalah seseorang yang pendaftar  dapat memilih dua prodi. Jadi dihitung di pilihan 1 dan pilihan 2,” kata Yuyun. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...