KSR PMI Unit Unisma, Gencarkan Aksi Bantu Sesama


MALANG – Sebagai salah satu bagian penting dari Unisma, UKM Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (UKM- KSR PMI) Unit Unisma tak ingin hanya berkiprah di Unisma atau Malang saja, namun melebarkan bantuan hingga ke pulau Bali. Selama dua minggu pada status awas gunung Agung beberapa waktu yang lalu, Ketua KSR PMI Unit Unisma, Nur Habibie terbang ke Bali untuk ikut serta dalam pemberian bantuan pada korban letusan gunung.
“Bersama dengan PMI Kota Malang, kami menyalurkan bantuan hingga ke daerah yang sulit diakeses, menghibur anak-anak dan orang tua yang merasa tertekan di pengungsian,” ujar mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris ini.
Tak hanya itu, pada saat bencana tsunami yang melanda Aceh pada 2004 lalu, tim KSR Unisma juga bergerak di tempat bencana untuk memberikan bantuan.
Saat ini, KSR PMI Unit Unisma memiliki 60 anggota dari mahasiswa berbagai jurusan. Jumlah keanggotaan terus meningkat, seiring dengan prestasi dan promosi yang giat digencarkan, juga kesadaran masing-masing anggota untuk bergabung dalam berbagai misi membantu sesama.
“Kami pernah menjadi juara 3 dalam Temu Karya Relawan 2016 pada kategori Pertolongan Pertama, salah satu kontingen kota Malang dalam Temu Karya Sukarelawan se-Jawa Timur 2017, dan masih banyak lagi,” sambungnya.
Berdirinya KSR PMI Unit Unisma di tahun 1989 berawal dari keinginan tim kesehatan ospek membentuk sebuah UKM yang mendalami ilmu kesehatan. Selanjutnya, mereka mengikuti pendidikan di korps sukarela Universitas Brawijaya. Ilmu yang didapat, ditambah pendidikan kesehatan di kampus digunakan sebagai bekal terbentuknya unit ini.
Pengetahuan dan ketrampilan anggotanya terus diasah dan diuji, salah satunya melalui ujian sertifikasi oleh PMI Kota Malang dan latihan gabungan bersama KSR PMI kampus lainnya. Skill kepalangmerahan dan jalinan hubungan antar KSR PMI se- Kota Malang menjadi titik berat dalam masa kepemimpinan Habibie.
“Ini penting agar anggota semakin sigap di lapangan,” imbuhnya.
Kegiatan unggulan KSR PMI Unit Unisma yakni Vilaraja (Invitasi Palang Merah Remaja), gelaran lomba palang merah bagi PMI SMA se-Jawa Timur. KSR Unit Unisma kerap dipercaya menjadi tim kesehatan berbagai event besar tak hanya di dalam kampus, namun juga di luar kampus. Salah satunya pada acara Malang Post School Competition 2k17 yang digelar oleh Malang Post beberapa waktu yang lalu. (ras/red/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :