SMK Tunas Bangsa Cetak Lulusan Terampil Bidang Teknologi Industri

MALANG – Sebagai sekolah kejuruan bidang Teknologi Industri, SMK Tunas Bangsa menghasilkan tamatan kerja dalam bidang otomotif dan industri yang  tersebar di Indonesia. Tak hanya menitik beratkan pada kompetensi dan tuntutan industri, sekolah juga mewadahi minat bakat siswa dalam seni, olahraga, dan kegiatan lain untuk mencetak tenaga kerja yang multi talenta.

Dengan berbagai program keahlian yang dimiliki, sekolah memiliki banyak fasilitas penunjang kegiatan belajar dan praktik. Program keahlian tersebut meliputi Teknik Otomotif yang mencangkup Teknik Kendaraan Ringan (TKR) dan Teknik Sepeda Motor (TSM). Ada pula Teknik Komputer Jaringan, Pariwisata-Perhotelan (APH) mencakup Akomodasi Perhotelan dan Unit Perjalanan Wisata, serta Teknik Alat Berat.
”Setiap program keahlian ditunjang dengan fasilitas terbaik dan akan terus kami kembangkan agar kemampuan siswa selalu menjadi unggulan,” terang Kepala SMK Tunas Bangsa Drs. H.Mardjono ,M.Si.
Diantaranya, bengkel, mobil konstruksi kijang matic, sepeda motor, alat scan tool untuk fasilitas program keahlian Teknik Otomotif, Jaringan, Free Wifi, komputer core 7, fiber optik, laboratorium TKJ, serta trainee pembongkaran PC yang memungkinkan siswa membuka lapangan pekerjaan di bidang jasa nantinya. Program keahlian pariwisata dan perhotelan dilengkapi dengan Laboratorium Mini Hotel.
”Fasilitas penunjang lainnya yaitu laboratorium komputer, lapangan olahraga, perlengkapan musik. Juga ada kelas entrepreneur dan kelas perhotelan yang bisa diikuti oleh siswa semua jurusan. Nantinya, siswa akan mendapat sertifikat keahlian yang bisa dipertanggung jawabkan dan sebagai bekal terjun di dunia industri,” ternga Mardjono.

Dalam mewujudkan misi mencetak peserta didik yang berkompetensi dan profesional, berempati serta berjiwa religius dan humanis, sekolah bertindak tegas dalam penerapan kedisiplinan. SMK Tunas Bangsa juga menerima siswa inklusi yang dalam proses pengajarannya, diarahkan agar dapat bersosialisasi dan mengembangkan potensi.
”Namun, kami tetap mengondisikan suasana belajar yang nyaman agar ilmu pengetahuan dapat terserap. Karena fokusnya membentuk lulusan siap kerja, siap kuliah dan entrepreneurship,” terangnya.
Tak hanya sebagai wadah, sekolah mendukung penuh semua bidang minat siswa. Terbukti dengan diraihnya juara 1 dalam pertandingan tinju amatir antar sekolah se-Malang Raya di tahun 2016 serta apresiasi lukisan karya siswa inklusi dalam acara pameran seni se-Malang Raya di tahun 2016 yang diadakan oleh SMK Tunas Bangsa berkolaborasi dengan Griya Anita.
Membuktikan keunggulannya, sekolah giat menyelenggarakan berbagai kegiatan bidang akademik, olahraga, dan seni. Tak lupa pula agenda pengajian umum dan salat jamaah di sekolah. Sekolah juga bekerja sama dengan berbagai industri dan berkolaborasi melahirkan siswa unggulan dengan kompetensi industri. Juga berkerja sama dengan universitas untuk berbagai kegiatan pengembangan pendidikan di SMK Tunas Bangsa. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :