Lepas 127 Mahasiswa Jalani Praktik



MALANG – Sebanyak 127 mahasiswa Jurusan D3 dan S1 Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Kepanjen, menjalani prosesi capping day, kemarin. Prosesi yang dihelat di Aula Kampus Jumpa Gembira STIKES Kepanjen ini merupakan seremonial pelepasan mahasiswa untuk menjalani praktik di rumah sakit dan puskesmas.

Prosesi capping day tersebut, ditandai dengan penyematan seragam keperawatan. Kemudian, dilanjutkan pembacaan sumpah, ikrar dan janji mahasiswa jurusan perawat. Ucap janji bertujuan agar mahasiswa yang telah disematkan akan selalu menjunjung tinggi etika, norma dan nilai-nilai profesi keperawatan dalam praktik dan pengabdian.
Sedangkan rincian mahasiswa yang mengikuti prosesi Capping Day tersebut yakni sebanyak 50 mahasiswa D3 dan 77 mahasiswa S1 jurusan keperawatan. Ketua STIKES Kepanjen, dr Abdurachman MKes mengatakan, mayoritas mahasiswa yang menjalani prosesi capping day itu melaksanakan tugas dan praktik di RSUD Kanjuruhan, Kepanjen.
“Selain di RSUD Kanjuruhan, mereka melaksanakan praktik di sejumlah Rumah Sakit, Klinik dan Puskesmas yang ada di Malang Raya,” ujarnya kepada Malang Post, kemarin. Dia menjelaskan, mahasiswa perlu juga membangun karakter yang menggambarkan penguasaan terhadap disiplin ilmu yang dimiliki.

Apalagi ketika selesai dari pendidikan nanti, para mahasiswa tersebut akan dihadapkan pada tantangan dinamika masyarakat yang terus berkembang. “Maka dari itu, sebelum terjun ke lapangan untuk bekerja, mereka perlu adaptasi terlebih dahulu. Sehingga, saat mereka bekerja nanti sebagai perawat, tidak menemui kendala berarti,” terangnya.
Pria yang akrab disapa Gus Dur ini melanjutkan, bahwasanya para mahasiswa  wajib menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan sosial. “Begitupula saat menjalankan tugas mereka nanti, wajib mengutamakan pasien. Pasien dari berbagai kalangan terutama yang tidak mampu, tetap harus ditangani secara tepat dan cepat,” terangnya.
Dia menjelaskan, mereka dalam satu bulan menjalani praktik di lapangan. Selama menjalankan praktik, diharapkan mereka dapat menjalankan dengan baik. Dalam kesempatan itu Gus Dur juga menjelaskan, bahwa jurusan S1 Keperawatan dan Profesi Ners STIKES Kepanjen baru saja mendapat akreditasi B.
“Akreditasi B ini patut disyukuri, ini merupakan kerja keras seluruh lapisan dari STIKES Kepanjen untuk berkomitmen upgrade menjadi lebih baik lagi,” terang Gus Dur sembari menjelaskan akreditasi B ini merupakan suatu hal istimewa. Lantaran hanya lembaga pendidikan tinggi tertentu yang memiliki jurusan perawat dapat meraih akreditasi tersebut. (big/bua)

Berita Terkait

Berita Lainnya :