Daftar Nikah Gak Ribet dengan Inovasi Mahasiswa


MALANG – Sekelompok mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang (UM) membuat aplikasi online untuk mempermudah mengurus administrasi pernikahan. Aplikasi ini diberi nama Laterpak.com (Layanan Aplikasi Pernikahan) dan sudah terdaftar di playstore.

Aplikasi ini juga sudah kerjasama di Kantor Urusan Agama (KUA) Malang Raya. Calon pengantin juga bisa memilih tanggal tanpa harus datang ke KUA. Ketua kelompok, Pranadya Bagus Imansyah mengatakan, aplikasi ini sangat berguna bagi masyarakat yang menjalin hubungan jarak jauh.
“Aplikasi ini memang menguntungkan bagi yang tinggalnya jauh di luar Malang. Karena tanpa perlu mengurus ke daerah asal, mengurus administrasi cukup melalui online,” kata Prana.

Ia menerangkan, aplikasi ini dilengkapi dengan berbagai fitur yang sama dengan KUA. Misalnya, berkas-berkas yang dibutuhkan, sudah tidak perlu lagi harus pergi ke daerah asal untuk mengurus. Berkas yang terlampir antara lain, Pengantar RT-RW, Blangko N1, N2, N3 & N4, atau Surat Pengantar/Rekomendasi Nikah.
Prana menjelaskan, setelah calon pengantin sudah melakukan pemberkasan, mereka bisa melakukan print out dan kemudian diserahkan ke pihak KUA setempat.
Laterpak.com lolos ke Pimnas 2017 yang diadakan di Makassar, dan merupakan salah satu program PKM Kewirausahaan. (sin/adv/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :