Kota Malang Pilot Project Pendidikan Karakter


KOTA Malang dipercaya menjadi pilot project Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Oleh sebab itu, Dinas Pendidikan Kota Malang terus berupaya untuk mengajak sekolah untuk terus berbenah menyukseskan program ini.
Sebagai implementasinya, Disdik melakukan workshop Pengimbasan PPK bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah,di SDN Percobaan 1.
Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra Zubaidah MM memberikan pemaparan tentang bagaimana menjadi sekolah yang siap untuk menjadi salah satu anggota deri pilot project. Karena dipercaya oleh kemendikbud, Zubaidah mengatakan, seluruh peserta harus siap memberikan motivasi serta semangat kepada para guru, staf dan terutama siswa. Menurut Zubaidah, tidak ada alasan sarana prasarana yang kurang, untuk pelaksanaan program ini.
"Kami dinas pendidikan sudah berupaya untuk memberikan bantuan sarana dan prasarana, berupa dana atau anggaran. Bentuk fisik misalnya bangku sekolah. Jadi sekolah harus bisa memberikan yang terbaik," kata Zubaidah.
Iapun menargetkan, seluruh peserta yang hadir bisa melakukan yang ia instruksikan. Sekolah harus bisa melaksanakam PPK dengan baik.
Zubaidah juga memotivasi sekolah untuk melihat potensi dan karakter sekolah, untuk menyukseskan PPK. Semua sekolah mempunyai kebutuhan dan potensi masing-masing. Ia mengharapkan, sekolah bisa mengembangkan potensi yang dimiliki.
"Memang salah satu ciri sekolah yang bisa dikatakan mempunyai mutu adalah sekolah yang mempunyai karakter. Sekolah yang mempunyai karakter adalah mereka yang bisa membaca potensi," kata Zubaidah.
Oleh sebab itu, ia mengharapkan, masing-masing sekolah bisa menggali potensi dan menonjolkan karakter masing-masing demi tercapainya PPK.
Peserta yang hadir terdiri atas Dyah Purnamaastuti Ningrum, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Bandungrejosari 2, Valentina Siti Mariyam, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Bandungrejosari 3, Drs. Suroto Adi Santoso, MM Kepala SDN Bandungrejosari 4, Lilik Supriyowati, S.Pd., M.M.Pd Kepala SDN Bakalankrajan 1, Drs. Sutarjo Kepala SDN Bakalankarajan 2, H. Jumain, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Sukun 2, Drs. Surakhman, MM Kepala SDN Sukun 3, Winarsih, S.Pd Kepala SDN Bandulan 2, Widodo S.Pd., MM Kepala SDN Mulyorejo 3, Dra A. dwi Handayani, M.Si Kepala SDN Sumbersari 1, Sri Utami, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Sumbersari 2, Susanto, S.Pd Kepala SDN Sumbersari 3, Bambang Suryadi S.Pd Kepala SDN Ketawanggede, Siti Nafi’ah Kepala SD Laboratorium UM, Hari Budi Setiawan, M.Pdi Kepala SD Brawijaya Smart School, Siti Aminah S.Pd Kepala SDN Merjosari 1, Drs. Sudjito, Kepala SDN Merjosari 3, Drs. H.M Shodiq, M.Si Kepala SDN Merjosari 5, serta dua orang pengawas yakni Dra. Indah Warniati , M.Pd serta Drs. Didik Siswanto MM.
Pengimbasan PPK bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah di SDN Percobaan 1 Malang ini juga dihadiri Sujiati sebagai fasilitator nasional asal Kabupaten Gresik serta Fasilitator Daerah Kota Malang yakni Dra. Anny Saida Kepala SDN Percobaan 1 dan Drs. Didit Hardianto Kepala SDN Bandungrejosari 1 yang membawakan 11 materi secara bergantian terdiri atas Kebijakan dan konsep dasar PPK, Manajemen kepemimpinan KS, PPK berbasis kelas, PPK berbasis budaya, PPK Berbasis masyarakat, supervisi keterlakasanaan PPK oleh PS, praktik baik di sekolah, penilaian dan evaluasi, tes awal dan tes akhir, rencana tindak lanjut, refleksi dan evaluasi hasil belajar. (sin/oci)

Berita Lainnya :