magista scarpe da calcio STIMATA Kenalkan Medsos pada Ibu-ibu Wirausaha


STIMATA Kenalkan Medsos pada Ibu-ibu Wirausaha


MALANG - STMIK Pradnya Paramita (STIMATA) Malang melatih pelaku usaha home industri di Kota Malang. Pelatihan yang digelar bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Malang dan APTIKOM 7 Wilayah Jawa Timur ini melibatkan sekitar 50 ibu-ibu yang memiliki usaha.
Sebanyak 50 peserta mengikuti pelatihan yang dilaksanakan di laboratorium komputer kampus di Jalan LA. Sucipto ini.
“Sebenarnya program ini dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak bersinergi dengan APTIKOM pusat. Kami mendapat kepercayaan untuk memfasilitasi kegiatan ini,” ujar Andri Prasetyo, SE.M.MSI selaku kordinator acara.
Pelatihan ICT dinilai perlu dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing home industri di tengah majunya teknologi informasi masa kini. Andri Prasetyo yang juga bertindak sebagai trainer mengatakan, tujuan utama pelatihan tersebut untuk meningkatkan kreativitas ibu rumah tangga yang aktif dalam kegiatan wirausaha.
“Kalau selama ini mereka menjalankan usahanya dengan sistem yang masih konvensional, maka paska kegiatan ini mereka sudah berubah dengan sistem digital," katanya.
Kemampuan peserta yang heterogen, membuat para tutor dalam pelatihan ini bekerja lebih ekstra. Sebab diantara peserta bahkan ada yang belum pernah mengoperasikan komputer. "Ya lumayan kesulitan, tapi kami coba membantu mereka dengan telaten," ungkap Andri.
Dia menjelaskan, materi yang diutamakan adalah cara membuat media sosial seperti facebook, instagram dan twiter. Melalui medsos inilah para peserta nantinya bisa memasarkan produk yang mereka tawarkan.
"Kami kira media inilah yang saat ini dinilai efektif untuk mempublikasikan dan mempromosikan produk industri yang masyarakat jalankan," tambahnya.
Adapun materi secara umum, yang diajarkan dalam pelatihan yang digelar selama lebih dari lima jam ini antara lain pengenalan ICT, mencari informasi menggunakan internet, menghitung biaya produksi dan harga jual, memasarkan produk, korespondensi surat menyurat dan membuat profil usaha dan pengajuan kebutuhan dana.
“Mudah-mudahan apa yang STMIK Pradnya Paramita berikan pada peserta dapat bermanfaat untuk langkah mereka ke depannya," harap Andri. (imm/sir/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

Copyright © 2018 Malang Pos Cemerlang Goto Top