MTs Ar-Royyan Ajarkan Tahfidz Tematik

 
MALANG - MTs Ar-Royyan akan mengenalkan sistem baru untuk membantu siswanya dalam memahami dan menghafalkan Alquran. Dalam tahfidz tematik ini, siswa akan memahami satu tema di dalam Alquran melalui menghafal ayat, surat, dan artinya. Salah satu tema yang dapat dipelajari melalui metode ini yakni cerita nabi.
Bila selama ini kebanyakan siswa memahami cerita nabi melalui dongeng, dengan metode tahfidz ini, cerita para nabi diambil langsung dari Alquran. Media berupa video diputar secara berulang agar siswa lebih cepat menghafal dan memahami tema.
“Dengan video sebagai stimulus, siswa diharap dapat lebih tertarik belajar. Bagaimanapun kami terus mencari metode pembelajaran yang memberikan hasil paling baik untuk siswa kami,” kata Kepala Madrasah Agung Setiawan, M.Pd.
Agung mengaku mendapatkan ilmu ini dari seminar yang pernah dia ikuti. Dari seminar tersebut kemudian diimbaskan kepada guru di madrasah. Tak hanya pendidikan agama, karakter siswa juga akan dibentuk melalui pendidikan berbahasa. Agung menyusun sendiri sebuah buku berbahasa Arab dengan cerita karakter-karakter yang dapat dipelajari siswa. 
”Dari buku ini, anak-anak dapat mengambil hikmah sekaligus belajar berbahasa Arab. Perlu media yang tepat untuk meningkatkan ketertarikan mereka belajar,” katanya.
Di MTs Ar-Royyan, berbagai wadah minat ditampung diantaranya pramuka, futsal, seni tari, club sains dan al-banjari. Setiap siswa diwajibkan mengikuti satu ekstrakulikuler agar pembinaan dapat diterima merata oleh siswa. 
Tak perlu ragu dengan kualitas guru pengajar di MTs Ar-Royyan, karena mereka semua merupakan guru di bidangnnya. Selain itu, mereka juga memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris sehingga pengetahuan berbahasa siswa dapat lebih terarah.
”Terlebih kami memiliki program pembinaan bahasa dimana siswa diwajibkan untuk melakukan percakapan sehari-hari dengan bahasa Arab dan bahasa Inggris secara bergantian selama satu minggu. Nantinya program bahasa ini akan kami tingkatkan lagi,” ujarnya.
MTs Ar-Royyan masih akan membuka pendaftaran bagi siswa baru, dimana sepuluh pendaftar yang dapat menghafal sepuluh surat di juz-amma, akan mendapatkan seragam sekolah dan seragam olahraga secara gratis. Bagi siswa yang kurang mampu pula, terdapat asrama gratis serta bantuan bagi biaya sekolah.
”Ini merupakan visi dalam tujuan utama kami yakni memajukan pendidikan dan membantu yang membutuhkan. Semoga pendidikan lancar, dan anak-anak diberi kemudahan dalam belajar,” imbuhnya.  (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :