Perkuat Kampus Unggul, Jaring Calon Maba dengan Potensi Istimewa

 
MALANG - Identitas sebagai kampus unggulan, dimulai Universitas Widyagama dengan melacak calon mahasiswa istimewa melalui berbagai penawaran beasiswa. Ditujukan untuk mahasiswa berprestasi yang kurang mampu, mereka berhak bebas biaya selama delapan semester dan bebas biaya DPP.  Untuk calon mahasiswa dengan prestasi akademik rangking lima besar di kelas, dan prestasi non akademik lima besar tingkat nasional, mendapat potongan bebas SPP selama dua semester.
”Kami akui memang berat bagi pembiayaan kampus, namun ini kami lakukan sebagai upaya untuk menjaring mahasiwa terbaik,” kata Rektor Universitas Widyagama, Pof. Dr. Ir. Iwan Nugroho, M.Si dalam agenda silaturahmi dengan Malang Post, kemarin. 
Di bidang kemahasiswaan yang lain, Universitas Widayagama juga baru-baru ini membuat suatu kerja sama dengan Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) Malang dalam pelatihan kepemimpinan dan kedisiplinan bagi 38 pimpinan organisasi kemahasiswaan kampus.
”Selain kedispilinan dan kepemimpinan, juga dibekali ilmu penyusunan program kerja sehingga mendapatkan ilmu tidak hanya dari kampus juga. Terutama juga akan kami tanamkan karakter bela negara kepada mereka,” terangnya.
Dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat, tahun ini Universitas Widyagama dipercaya untuk mengelola dana Rp 3,7 miliar. Meningkatkan kualitas dosen, terdapat pendampingan dan pelatihan di tingkat fakultas hingga universitas guna tersusunnya laporan yang baik dari LPPM.
“Ada gugus tugas yang turun lasung ke fakultas dan mendorong mahasiwa untuk penelitian dan kepenulisan. Juga pembibitan dari sejak dimulainya perkuliahan melalui UKM PKM,” ujarnya. 
Mendapat satu perak dalam gelaran PIMNAS tahun lalu, Universitas Widyagama berharap capaian tahun ini dapat lebih baik lagi. Agar lebih termotivasi meneliti, mahasiswa diiming-imingi dengan berbagai poin plus.
”Bagi yang lolos PKM, maka PKL nya dianggap lulus. Sedangkan yang lolos PIMNAS, maka tidak perlu lagi mengerjakan skripsi dan nilai skripsinya kami beri nilai a. Disini, semua komponen saling mendukung,”  ujarnya.
Untuk mendukung perkembangan kebutuhan belajar mahasiswanya, saata ini sedang dibangun laboratorium terpadu seluas 1200 meter persegi yang terdiri dari laboratorium penunjang untuk berbagai jurusan, perpustakaan dan hall.
Dengan satu satu visinya yakni unggul, Universitas Widyagama saat ini sedang melacak mahasiwa iistimewa dengan penawaran beasiswa yang menarik, yakni beasiswa unggul mulia. 
Kemandirian universitas dicapai melalui rencana strategi kampus di tahun 2035 mendatang dengan pembangunan berbagai unit bisnis agar bidang pembiayaan tidak bergantung pada mahasiswa. Kepada mahasiswanya, dibekali lima kompetensi salah satunya kompetensi kewirausahaan dan dibutikan dengan surat pendamping ijazah.
”Misalnya untuk jurusan pertanian, mahasiswa dibekali dengan kompetensi holtikultura yang dipadukan dnegan kompetensi dasar serta dengan surat keterangan tersebut sehingga ketika lulus, bisa langsung interpreneur,” terang Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Ir. Sukamto, MS. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...