UM Perbanyak Mahasiswa Luar Jawa

 
MALANG – Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini mulai gencar mencari mahasiswa di luar Pulau Jawa. Sebab di UM, 98 persen mahasiswa berasal dari Pulau Jawa. Rektor UM, Prof. Dr.Rofi’uddin, M.Pd mengatakan, UM belum bisa dikatakan Perguruan Tinggi Negeri yang nasional jika belum merambah ke seluruh pelosok Indonesia.
“Dari tahun ke tahun, UM memang masih didominasi oleh mahasiswa dari Jawa. Paling jaug Jawa barat. Itupun hanya beberapa dan bisa dihitung saja. Sekitar 80 persen terbanyak dari Jawa Timur,” terang Rofi’uddin.
“Sebenarnya saya ingin bisa menjadikan UM sebagai kampus yang berasaskan dari negeri, oleh negeri dan untuk negeri,” kata dia. Apalagi, lanjutnya, UM adalah kampus berlandaskan pendidikan yang mempunyai banyak jurusan disiplin ilmu keguruan.
Tahun ini, sambungnya sama dengan tahun-tahun sebelumnya, masih didominasi Jawa Timur. “Saya sendiri juga heran, kenapa bisa UM dari dulu didominasi jawa Timur. Padahal kami ingin UM dikenal di seluruh pelosok tanah air,” ungkapnya.
Menurutnya, penduduk luar Jawa pun sangat berpotensi untuk lebih meningkatkan prestasi UM. Untuk saat ini, menurutnya prestasi mahasiswa memang sudah cukup bagus. Namun ia ingin UM menjadi kampus pendidikan bukan hanya bagi penduduk Jawa saja, namun juga luar Jawa.  
Untuk itu, UM saat ini akan menerjunkan mahasiswanya untuk kembali ke sekolah asal. Mereka akan bertugas untuk mempromosikan UM dan mengenalkannya kepada almamater asal mereka. Semakin UM dikenal luas, menurut Rofi’, diharapkan jangkauan mahasiswa mereka juga makin beragam. Kalau saat ini proporsi mahasiswa pulau Jawa hanya 12 persen, diharapkan bisa meningkatkan hingga 30 persen. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :