Seragam SMA Gratis Baru Dibagikan September

 
MALANG – Seluruh siswa SMAN/ SMKN Kota Malang akan mendapatkan kain seragam putih abu-abu dan seragam pramuka dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur secara gratis. Kain seragam rencananya baru akan didistribusikan pada pada akhir Juli nanti karena masih menunggu data siswa yang diterima dari masing-masing sekolah. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Saiful Rachman di akun facebooknya yang diunggah pada Kamis malam (13/7) pukul 20.22 WIB.
Ketua MKKS SMAN Kota Malang, Drs. Tri Suharno, M.Pd mengatakan sebelumnya telah mengetahui informasi  adanya bantuan tersebut. Namun, berdasarkan informasi yang beredar, kain seragam tersebut baru akan diterima siswa pada awal September mendatang. Sementara, tahun ajaran baru sudah akan dimulai 17 Juli mendatang.
”Berdasarkan informasi awal pembagian kain baru akan dilaksanakan awal September, sedangkan pada saat itu sudah masuk sekolah tahun ajaran baru. Sekarang bila sekolah sudah terlanjur mengadakan, tidak apa-apa. Bisa digunakan untuk bergantian,” ujar Tri.
Sementara itu, Waka Humas SMAN 1 Malang, Dra. Rulitati mengatakan pada saat daftar ulang, sebagian orang tua siswa telah membeli seragam di koperasi sekolah. Saat seragam datang, belum ada kebijakan untuk menggratiskan kain seragam sehingga bagi orang tua yang terlanjur membeli, maka uang bisa dikembalikan.
”Kalau tidak salah putih abu-abu dan pramuka yang dari provinsi sedangkan dari SMAN 1 ada batik, olahraga, jas almamater, dan atribut lainnya. Berita gratisnya kan baru kemarin ini dan sebelumnya tidak ada perintah gratis, padahal tanggal 8 Juli lalu seragam yang didrop sudah habis. Alhamdulillah bisa meringankan beban orang tua,” ujarnya. 
Salah seorang siswa baru di sebuah SMAN Kota Malang mengatakan telah membayar uang kain seragam untuk seragam putih abu-abu, batik, pramuka, dan seragam olahraga dan perlengkapan lainnya. Dia mengaku baru mengetahui informasi tersebut.
”Alhamdulillah kalau dapat bantuan, bisa untuk bergantian memakainya dengan seragam satunya. Bisa untuk membantu teman-teman lain yang kurang mampu juga,” tuturnya. (mg19/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :