Libatkan Mahasiswa Sebagai Crew Mahasiswa TV

 
SEKOLAH Tinggi Teknik Malang (STT Malang) baru saja melaunching stasiun televisi I TV. Channel ini baru beroperasi siaran uji coba selama enam bulan. Stasiun TV ini non komersil, karena dimanfaatkan langsung untuk keperluan praktik mahasiswa. Ketua Humas Abdul Hakim.S.E. M.Si mengatakan, dalam praktiknya seluruh mahasiswa semua jurusan yang dipunyai STT berhak mengoperasikan stasiun TV ini.
“Kami sudah beroperasi hampir enam bulan. Kami libatkan dari mahasiswa seluruhnya, yakni mulai dari programmer, broadcast, multimedia dan presenter, kami libatkan semuanya. Mereka semua bisa dengan mudah praktik ketika masih menyandang status mahasiswa,” terang  Hakim.
Walaupun masih siaran uji coba, lanjut dia, namun untuk jangka panjang nantinya akan dibuatkan secara akademik, mahasiswa harus bisa melakukan praktik langsung di dunia industri pertelevisian. 
“Terlebih lagi persaingan dunia televisi semakin ketat saat ini. Jadi kami harus terus mengembangkan potensi mahasiswa, mereka harus bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan baik,” terang Hakim. 
Siaran, sambungnya, memang masih seputar liputan traffic news. Namun, menurut dia, traffic news sangat cocok digunakan sebagai sarana pembelajaran untuk tingkat mahasiswa karena langsung melibatkan masyarakat.
Selain mempunyai stasiun televisi baru, beberapa bulan ini STT Malang juga mempunyai perpustakaan digital. Perpustakaan dengan fasilitas beberapa CPU komputer ini dilengkapi dengan internet yang bisa tersambung dengan koneksi buku digital.
“Sudah ada daftar buku-buku apa saja yang bisa dibaca online. Kami sudah melengkapi juga untuk buku manual di perpus agar bisa dibaca mahasiswa. Jadi akan sinkron antara pembelajaran praktik, dan pembelajaran akademik melalui literasi,” ujarnya.
STT Malang mempunyai empat jurusan dengan jenjang pendidikan mulai D1 hingga S1. Empat jurusan yang dibuka yakni Komunikasi, Multimedia,  Broadcast, dan Teknik informatika. Mahasiswa bisa memilih program jenjang pendidikan. Bisa memilih D1, D3 atau langsung S1. Untuk ijazah dan gelar bagi lulusan D1, mereka mendapatkan sertifikat non gelar. Sedangkan D3, mendapatkan ijazah dengan gelar Ahli Madya (Amd), dan untuk S1 mendapatkan ijasah bergelar Sarjana Teknik (ST). (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :

loading...