Terpengaruh Gaya Bahasa Aristoteles

 
MALANG - Kalimat tersebut adalah favorit bagi Agus Sriwulan, Kepala SDN Tunjungsekar 5 Kota Malang. Ia terbiasa menuliskan kalimat bergaya filusuf dalam setiap tulisannya. Begitupula dalam karya tulis yang dikirimkannya pada agenda Simposium Nasional Tenaga Kependidikan Dasar dan Menengah, di Jakarta.Karya tersebut mengantarkannya menjadi juara 1 nasional. Menurutnya, ada banyak kalimat indah dalam karya tulisnya. Hal itulah yang membuat karya tersebut disukai juri. 
“Masalah yang saya tulis sebenarnya biasa, tapi karena ada kalimat filosofi jadi dianggap istimewa oleh juri,” ujarnya.
Ia mengakui, selama ini banyak terinspirasi oleh tokoh Aristoteles, filusuf Yunani. Selain itu, ia juga mengaku sangat hobi menulis dan membaca.
Dalam karya tulis tersebut, Sri, begitu ia biasa disapa, membahas Program penguatan karakter (PPK). Karya tersebut diperindah dengan bahasa yang filosofis misalnya, jangan gunakan paksaan kepada sang anak , tetapi biarkan pendidikan awal menjadi sesuatu yang menyenangkan dan Anda (orang tua/guru) lebih mudah menemukan bakat alam.
Sri menuturkan, ia sangat hobi membaca buku berbau filosofi, terkadang juga lewat internet. Sarapan paginya adalah membaca buku filosofi. Kegemarannya akan hal tersebut dimulai sejak kuliah, bahkan ia mengoleksi beberapa buku. Karena kuliah di jurusan sosial, ia mencoba memahami arti bahasa filosof dari Aristoteles, yang juga sering ia dapatkan di bangku kuliah.
"Mungkin banyak yang menilai kalau filosofi sudah tidak akan berguna lagi bagi dunia kerja dan profesional. Berpikir dan berbicara secara filosofis adalah aneh. Tapi ternyata berguna,"sambungnya.
Ia pun, akan mencoba mempraktikkan bahasa filosofis ini untuk karya-karyanya berikutnya. Baru kali pertama ini dia menggunakan bahasa tersebut dalam sebuah karya ilmiah.
Dalam kompetisi yang diikutinya tersebut, ada beberapa kategori yang dilombakan. Ia mengikuti kategori gagasan tertulis yang ternyata mendapat yang terbaik.
"Ternyata gagasan yang sudah biasa, bisa menjadi terbaik berkat bahasa yang saya gunakan," pungkasnya. (sin/oci)

Berita Terkait

Berita Lainnya :